Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Teknik & Ilmu Pengetahuan    Teknik Umum

Teknik Penaksiran Harga Tanah Perkotaan: Teori dan Praktek Penilaian Tanah

Berat 0.30
Tahun 2009
ISBN 9789795383499
Penerbit Mandar Maju
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
1

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Soal-Jawab Penilaian Properti (Edisi Pertama)
Agus Prawoto
Rp85.000
Panduan Praktis: Cara Tepat Menghitung Biaya Bangunan
Wulfram I. Ervianto
Rp67.500
Mengenal Penilaian dan Profesinya: Konsep, Prinsip Umum dan Praktek Penilaian di Indonesia
Harnoto
Rp45.000
Analisa Upah dan Bahan (Analisa BOW)
Redaksi (Penghimpun)
Rp57.000
Lainnya+   

Sinopsis

Kalau ada pertanyaan yang agak aneh seperti: "Mana yang lebih dulu lahir, teori ekonomi atau praktek ekonomi alias bisnis dulu?" Maka saya sepakat dengan Anda yang akan menjawab bahwa praktek ekonomi alias bisnislah yang lebih dahulu dilahirkan. Bila demikian, maka bagi kita yang pelaku bisnis tentu saja berhak untuk melahirkan teori-teori ekonomi, sebagaimana ilmuwan ekonomi berhak berbisnis. Tapi sayangnya ilmuwan ekonomi alias ekonom amat jarang yang pintar bisnis alias mempraktekkan ilmu ekonominya. Jadi, siapa yang lebih unggul sekarang? 

Begitu pun dalam perspektif ilmu ekonomi tanah perkotaan, sistem kota-kota lahir, tumbuh dan berkembang menjadi besar justru berkat pelaku bisnis pada bidang properti atau real estate ketimbang peran konsep teoritis para ahli ekonomi. Oleh karena itu, sebelum kita berbicara mengenai teori dan praktek mengenai teknik-teknik atau metoda-metoda penaksiran harga tanah perkotaan, sebaiknya kita pun memperluas perspektif kita mengenai sejarah pertumbuhan dan perkembangan kota (yang disajikan dalam Bab Tiga buku ini). Alasan lainnnya adalah, harga tanah di perkotaan terjadi dan berkembang sejalan dengan tumbuh dan berkembangnya kota di mana bidang-bidang tanah itu berada. Selain itu motif orang memperlakukan bidang-bidang tanah sebagai komoditas ekonomi selain sebagai modal sosial perlu kita pahami juga.

Walaupun demikian, pendapat berikut akan lebih menyejukkan kita ketimbang pertanyaan tadi: Teori ekonomi dan praktek ekonomi alias bisnis itu bagai dua dunia yang paralel serta amat erat kesalingtergantungannya. Analog dengan hal tersebut, maka sejatinya nilai atau harga tanah perkotaan pun berjalan secara paralel dan interdependensi dengan pertumbuhan/perkembangan kota-kota. Oleh sebab itu isi buku ini mencoba sekuat tenaga untuk tidak melahirkan kesan menggurui para ekonom ataupun pebisnis pada bidang properti atau real estate. Lagi pula, jangan-jangan penulis dan Anda sebagai pembaca pun terhubungkan satu sama lain oleh bidang-bidang perhatian yang juga paralel: penulis hanya menulis apa yang dirasa penulis perlu ditulis dan Anda sebagai pembaca hanya membaca apa yang Anda rasa perlu dibaca dari buku ini. Untuk sebuah keyakinan itulah, maka penulis akan amat senang  menerima kritik dan saran dari Anda.

(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Ulasan

KORESY MANGARAJA YANPIETERKORESY MANGARAJA YANPIETER, 05 September, 2014
Rating: 4 dari 5 Bintang!
bukunya memberikan penjelasan mengenai tanah dan segala aspeknya termasuk untuk mengestimasi harga tanah
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)