Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Teknik & Ilmu Pengetahuan    Teknik

Teknik Kuantitatif Untuk Arsitektur Dan Perancangan Kota: Disertai dengan Contoh-Contoh

Berat 0.80
Tahun 2009
Halaman 446
Ukuran 17x24 cm
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp259.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Komunikasi Grafis Arsitektur & Lansekap
Rustam Hakim
Rp71.500
Arsitektur Dan Kota di Indonesia
Eko Budihardjo
Rp40.000
Panduan Sistem Bangunan Tinggi: Untuk Arsitek Dan Praktisi Bangunan
Jimmy S. Juwana
Rp305.000
Kota Berkelanjutan (Sustainable City)
Eko Budihardjo, Djoko Suj..
Rp60.000
Lainnya+   

Sinopsis

Arsitektur dapat diibaratkan sebagai "pedang bermata dua". Sisi pertama arsitektur adalah seni, sedangkan sisi kedua adalah ilmu pengetahuan. Sebagai seni, arsitektur bersifat subjektif dan tidak universal. Adapun sebagai ilmu pengetahuan, proses pembentukan karya arsitektur harus objektif dan transparan. Berdasarkan pemahaman tersebut, Gropius melalui Bauhaus memperkenalkan konsep universal art, dan menjadi awal bagi produksi massal dalam arsitektur. Sebagai pengetahuan, arsitektur dapat disampaikan ke orang lain, tidak hanya dalam benak sang arsitek. Dengan demikian, sistem pendidikan - Bauhaus selanjutnya menjadi pola dasar pendidikan arsitektur masa kini.

Perancangan kota demikian pula halnya. Sisi pertama perancangan kota adalah perencanaan yang membutuhkan berbagai alat kuantitatif untuk memahami kompleksitas permasalahan kota, sedangkan sisi kedua adalah berbagai usaha untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam tahap perencanaan. Untuk menjembatani kedua sisi tersebut, diperlukan alat alat bantu berupa teknik-teknik kuantitatif, sehingga para perancang dapat memahami dan menyelesaikan kompleksitas dan kontradiksi dengan lebih baik. Hal ini karena sisi subjektif perancangan kota dapat dipelajari kaitannya dengan sisi objektif bidang itu. Berdasarkan hubungan antara sentimen subjektif dengan informasi objektif tersebut, maka dapat ditetapkan bentuk perwujudan nyata yang optimum bagi sebuah ruang kota.

Dalam buku ini terdapat banyak teknik yang dapat menjadi alat bantu bagi perancangan dan programming. Tiap teknik dijelaskan mulai dari tataran filsofi hingga cara-cara mengoperasikan teknik-teknik tersebut. Melalui buku ini diharapkan perhatian orang di kedua bidang ilmu terhadap teknik-teknik kuantitatif dapat mulai muncul dan akhirnya dapat ikut memperkaya khazanah teknik teknik kuntitatif sesuai bagi kebutuhan bidang arsitektur dan perancangan kota.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bab 1 Pendahuluan

Bab 2 Teknik-teknik Statistika
          Penggunaan T-Test dalam analisa Arsitektur -- Teknik Korelasi -- Teknik Regresi Berganda (RB) -- Teknik Analisa Faktur (AF) -- Hierarchial Clustering Analysis --
          Multidimensional Scalling (MDScal)

Bab 3 Meto
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)