Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Komputer & Internet    Pemrograman

Teknik Antarmuka dan Pemrograman Mikrokontroler AT89S52

Oleh Usman
Berat 0.85
Tahun 2008
Halaman 518
Ukuran 16x23
ISBN 9789792904352
Penerbit Andi
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp119.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain (How To Win Friends and Influence People)
Dale Carnegie
Rp59.500

Sinopsis

Di dunia pendidikan, khususnya di perguruan tinggi Jurusan Teknik Elektro, mikrokontroler adalah salah satu ilmu yang diajarkan. Bahkan banyak mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan tugas akhir dengan membuat alat yang berbasis mikrokontroler. Tentu saja hal ini memerlukan sumber atau buku-buku tentang mikrokontroler. Buku ini ditulis untuk menambah serta melengkapi buku-buku tentang mikrokontroler yang telah terbit.

Buku ini disusun untuk memberikan penjelasan yang lengkap, baik hardware maupun software, mengenai mikrokontroler AT89S52, salah satu mikrokontroler keluarga 8051 yang dikembangkan oleh Atmel Corporation. Walaupun contoh aplikasi dalam buku ini mengkhususkan untuk menggunkan AT89S52, namun dapat diterapkan juga untuk mikrokontroler kelorer 8051 lainnya. Sehingga buku ini sangat cocok untuk mahasiswa atau siapa saja yang ingin belajar mikrokontroler AT89S52 atau mikrokontroler yang telah terbit.

Pokok bahasan dalam buku ini :

  1. Arsitektur mikrokontroler 8051 : menjelaskan hardware dan fasilitas internal mikrokontroler 8051 dan AT89S52, SFR, struktur memori dan memori flash internal
  2. Bahasa assembler 8051: menjelaskan instruksi-instruksi yang dimiliki oleh keluarga 8051
  3. Pemanfaatan port-port yang dimiliki oleh AT89S52 : menyalakan LED, menghidupkan motor DC, membaca skalar dan membaca keypad 4x4
  4. Pemanfaatan fasilitas internal AT89S52 : Timer, Port Serial, dan interupsi
  5. Antarmuka dengan berbagai macam display : 7 segmen, dot matriks, LCD karakter, dan LCD grafik
  6. Antarmuka dengan sinyal analog : membaca tegangan DC dengan ADC, mengendalikan motor DC dengan sinyal PWM, membangkitkan musik dengan DAC, dan membuat mikrokontroler berbicara
  7. Antarmuka dengan RS- 385 : membangun jaringan mikrokontroler dengan RS-485
  8. Alat pengembangan : assembler 8051 dan pemrograman memori internal AT89S52
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

eko supriyonoeko supriyono, 07 October, 2011
Rating: 3 dari 5 Bintang!
buki sebener y bagus tp menurut q kurang ic yg di dalam hanya data dan clock,klo bs yg ada strobe data clock klo ada q mau bli........
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Kgs. Muhammad IsmailKgs. Muhammad Ismail, 26 May, 2011
Rating: 3 dari 5 Bintang!
Buku ini dapat dijadikan sebagai rujukan baik bagi seorang pemula maupun bagi mereka yang telah lama berkecimpung di dunia pemrograman Mikrokontroler. Saya sendiri membeli buku ini dalam kondisi belum memiliki latar belakang sama sekali tentang mikrokontroler, meskipun dulu saya pernah sedikit banyak mengenal teknik elektronika digital, akan tetapi tidak pernah mempelajari tentang Mikrokontroler. Didorong oleh rasa keingintahuan untuk belajar secara otodidak akhirnya dari searching di berbagai sumber saya putuskan untuk membeli buku ini.
Pembahasan di buku ini diawali dengan sudut pandang dari sisi hardware dengan mengenalkan arsitektur IC Mikrokontroler AT89S52, mengenai berbagai port yang ada, konfigurasi pin, dan lain-lain. Kemudian bab selanjutnya mulai masuk kepada sisi software dengan mengenal registry, flag, dan hal-hal lain yang nanti berhubungan langsung dengan bahasa Assembly yang digunakan dalam memprogram mikrokontroler ini.
Bab-bab berikutnya kita akan diajak bereksperimen dengan berbagai proyek yang dimulai dari yang paling sederhana, hingga proyek yang lebih rumit lagi. Satu hal yang membuat saya tertarik untuk membeli buku ini adalah adanya proyek untuk membuat mikrokontroler kita "berbicara".
Pada bab terakhir buku ini dijelaskan bagaimana merancang rangkaian interface antara mikrokontroler ini dengan sistem komputer kita sehingga dapat melakukan pemrograman secara ISP (In-system Programming) pada mikrokontroler tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa rangkaian interface tersebut membutuhkan port parallel pada sistem komputer / laptop yang akan dijadikan sebagai pemrogram untuk mikrokontroler ini, sehingga mungkin bagi Anda yang tidak memiliki port parallel pada sistem komputer yang digunakan dan ingin menggunakan port USB, silakan browsing di internet untuk mencari antarmuka pemrograman mikrokontroler AT89S52 yang memakai port USB sebagai antarmukanya.
Softwarenya sendiri tersedia di dalam CD penyerta buku ini.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)