SketchUp dan 3ds Max adalah dua program grafis untuk modeling, rendering, dan animasi yang sama-sama populer saat ini. SketchUp terkenal karena simple, kepraktisan dalam pengoperasian, ringan, mudah dipelajari, dan gratis. Sedangkan 3ds Max adalah program grafis paling banyak dipergunakan oleh kalangan profesional guna menghasilkan karya mereka.
Kedua program ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Melalui buku ini penulis mencoba mengambil keunggulan dari masing-masing program tersebut di dalam membuat interior realistik.
Dalam buku ini Anda akan mempelajari modeling ruangan dan furnitur menggunakan SketchUp. Kemudian bagaimana cara mengekspor file gambar SketchUp ke 3ds Max untuk diaplikasikan material, cahaya, kamera, dan render realistik. Dalam buku ini Anda juga mempelajari bagaimana mengambil objek siap pakai SketchUp dari 3D Warehouse untuk diolah lebih lanjut sehingga dapat bermanfaat dalam interior realistik Anda.
Buku ini juga dilengkapi dengan video tutorial sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Besar harapan penulis semoga buku ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian.
BAB 1 : MODELING RUANGAN DI SKETCHUP • Pendahuluan - 02 • Membuat Layer03 • Membuat Dinding dan Lantai - 04 • Membuat Pintu - 17 • Membuat Jendela - 31 • Membuat Parket - 38 • Membuat Plafond dan Lampu - 45
BAB 2 : MEMBERI MATERIAL RUANGAN DI 3DS MAX 2012 • Impor Objek SketchUp - 61 • Mengaktifkan VRay - 62 • Material Dinding dan Plafond - 64 • Material Kusen dan Pintu - 65 • Material Kaca - 67 • Material Lantai - 68 • Material Wallpaper Dinding - 71 • Material Parket Dinding - 75 • Lampu Neon - 78 • Membuat Cahaya VRayIES - 80 • Membuat Cahaya VRayAmbientLight - 83 • Membuat Physical Kamera Pertama - 84 • Membuat HDRI - 86 • Membuat Cahaya VRay Eksterior - 88 • Koneksi HDRI dengan Environment - 90 • Setting Gamma - 91 • Setting dan Render Camera Pertama - 92
BAB 3 : MODELING MEJA MAKAN • Membuat Layer - 96 • Modeling Meja Makan - 97 • Modeling Kursi - 103 • Memperbanyak Kursi - 112 • Ekspor ke 3ds max - 118 • Mengaktifkan VRay - 119 • Mengaplikasikan Material - 120
BAB 4 : MODELING KITCHEN SET • Membuat Layer - 124 • Modeling Meja Dapur - 125 • Modeling Rak Dapur - 140 • Impor Aksesori - 151 • Ekspor ke 3ds max - 155 • Mengaktifkan VRay - 156 • Mengaplikasikan Material - 157
BAB 5 : IMPOR RANJANG DARI 3D WAREHOUSE • Mendapatkan Objek dari 3D Warehouse - 164 • Mempersiapkan Objek - 165 • Ekspor ke 3ds max - 170 • Mengaktifkan VRay - 170 • Mengaplikasikan Material - 171
BAB 6 : FINALISASI • Impor Objek ke dalam Ruangan - 177 • Render Kamera Pertama - 182 • Membuat dan Render Kamera Kedua - 183 • Membuat dan Render Kamera Ketiga - 185