Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Sahabat Nabi

Berat 0.73
Tahun 2012
Halaman 676
ISBN 9786029686401
Penerbit Mizan
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
7

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Sejarah Peradaban Islam
Samsul Munir Amin
Rp136.000
Perempuan di Titik Nol
Nawal El-Saadawi
Rp55.000
Jalan Tak ada Ujung
Mochtar Lubis
Rp60.000
Islam Nusantara: Dari Ushul Fiqh Hingga Paham Kebangsaan
Akhmad Sahal
Rp75.000
Lainnya+   

Sinopsis



Fu'ad Jabali, mendapatkan gelar magister dalam Masyarakat dan Kebudayaan Islam dari School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London, dan doktor dalam Sejarah Islam dari Institute of Islamic Studies, McGoll University. Sekarang dia mengajar Sejarah dan Peradaban Islam di Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

"Untuk mengikuti perpindahan para Sahabat ke tempat tinggal baru di wilayah-wilayah urban yang baru ditaklukkan, FJ (Fu'ad Jabali) tahu bahwa hanya dari bahan-bahan yang muncul belakanganlah, yang sangat disibukkan oleh konsolidasi posisi kelompok dan kepentingan-kepentingan mereka dalam lingkungan ideologis yang bergolak, sebuah sejarah yang benar-benar terjadi, yang terbebaskan dari seluruh praduga teologi-politik, bisa ditulis....FJ mengetahui secara sempurna data-data ini dan tindakan pencegahan yang diterapkan...."

-Mohammed Arkoun

Profesor Emerites Sejarah Pemikiran Islam, La Sarbonne (Paris III) Scientific Director of the Magazine "ARABICA"
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Ulasan

Yusuf BudianaYusuf Budiana, 20 April, 2015
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku karya Dr. Fuad Jabali dengan judul "SAHABAT NABI: Siapa, ke mana dan bagaimana?" merupakan buku yang sangat menarik dan sangat akademis. Dari analisis beliau, kita bisa belajar untuk memilih dan memilah para sahabat Nabi. Sahabat Nabi sangat banyak, ada yang sempat bersama Rasulullah puluhan tahun dan ada juga yang hanya satu-dua tahun. Berbeda-bedanya lama belajar dan berjuang bersama Nabi memberikan kedalaman pemahaman atas ajaran-ajaran Islam yang berbeda pula. Ironisnya, setelah masa kekhalifahan yang empat, Islam justru dikendalikan oleh para sahabat yang termasuk kloter terakhir ber-Islam-nya. Mereka hanya satu-dua tahun hidup bersama Nabi dan kemudian memimpin Islam "puluhan bahkan ratusan" tahun. Tidak aneh kalau kemudian banyak sekali hal-hal yang kontroversial selama masa pemerintahannya.

Kalau toh ada "catatan" terhadap buku tersebut adalah bahwa penulis "tidak cukup berani" untuk memberi kesimpulan yang tegas. Kesimpulan dibiarkan untuk disimpulkan oleh pembaca.
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)