Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Teknik & Ilmu Pengetahuan    Teknik

Pondasi Dangkal

Berat 0.28
Tahun 2011
Halaman 148
ISBN 9789792925791
Penerbit Andi
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp65.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Analisis dan Perancangan Fondasi (Bagian 1)
Hary Christady Hardiyatmo
Rp120.000
Analisis dan Perancangan Fondasi (Bagian 2) (Edisi 4)
Hary Christady Hardiyatmo
Rp141.000
Mekanika Tanah 1 (Edisi 7)
Hary Christady Hardiyatmo
Rp115.000
Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement): Perencanaan Metode AASHTO 1993, Spesifikasi, Parameter Desain, Contoh Perhitungan
Ari Suryawan
Rp75.000
Lainnya+   

Sinopsis

 Pondasi dangkal merupakan bagian dari struktur bangunan yang masih banyak digunakan di lapangan karena pertimbangan kepraktisan dan keekonomisannya, terutama untuk bangunan dengan beban yang relatif ringan. Parameter kekuatan geser tanah seperti kohesi dan sudut geser-dalam seharusnya ditentukan dengan cara pengujian contoh tanah di laboratorium. Namun beberapa referensi menyebutkan bahwa parameter tersebut dapat juga ditentukan berdasarkan korelasi dengan pengujian tanah di lapangan, seperti nilai Standard Penetration Test, Cone Penetration Test (CPT), Plate bearing test, atau pengujian geser Vane
 Buku ini dimaksudkan untuk memberi gambaran tentang pondasi dangkal secara menyeluruh, mulai dari pola keruntuhan pondasi, pengujian tanah yang diperlukan untuk perencanaan pondasi, pendekatan perhitungan daya dukung, penentuan parameter kekuatan geser tanah berdasarkan pengujian lapangan, dan penurunan pondasi.Dengan demikian buku ini dapat dipergunakan untuk menambah wawasan para praktisi tentang perencanaan pondasi dangkal.
 Materibukuinimencakup:
 Bab I Pendahuluan, memuat tentang informasi pondasi secara umum, pola keruntuhan pondasi, dan faktor keamanan pondasi.
 Bab II Pengujian Tanah, berisi tentang penentuan parameter kekuatan geser tanah di laboratorium dan pengujian di lapangan yang umum dilakukan.Termasuk informasi tentang jumlah titik dan kedalaman pengujian tanah.
 Bab III Daya Dukung Pondasi, membahaspenurunan pendekatan perumusan daya dukung pondasi, dan kegunaannya dari pendekatan menurut teori Terzaghi, Meyerhof, Hansen, dan Vesic.
 Bab IV berisikumpulan korelasi dari beberapa referensi yang didasarkan pada karakteristik tanah atau hasil pengujian tanah di lapangan seperti Standard Penetration Test, Cone Penetration Test (Sondir), Plate bearing test, dan pengujian geser Vane.
 Bab V Perhitungan peningkatan tekanan pada lapisan tanah akibat beban yang bekerja pada pondasi.
 Bab VI Kompresibilitas Tanah, yaitu perubahan volume tanah akibat perubahan tekanan yang bekerja. Termasuk penurunan seketika (immediate settlement) akibat elastisitas tanah.
 Bab VII PenurunanKonsolidasi (consolidation settlement). Menyajikan perhitungan tentang besar dan kecepatan penurunan yang akan terjadi pada struktur pondasi.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)