Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Pidana & Perdata

Perlindungan HAM Melalui Asas Praduga Tidak Bersalah Dan Asas Persamaan Kedudukan Dalam Hukum Pada Sistem Peradilan Pidana Indonesia

Berat 0.50
Tahun 2007
Halaman 288
ISBN 9794140090
Penerbit Alumni
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Asas Legalitas dan Penemuan Hukum Dalam Hukum Pidana
Eddy O.S. Hiariej
Rp95.000
Hukum Acara Pidana: Normatif, Teoretis, Praktik dan Permasalahannya
Lilik Mulyadi
Rp100.000
Hukum Acara Pidana Indonesia (Edisi 2)
Andi Hamzah
Rp103.000
Asas-Asas Hukum Pidana
Moeljatno
Rp65.000
Lainnya+   

Sinopsis

Di dalam UUD 1945 tidak satu pasal pun yang secara tegas mencantumkan tentang asas praduga tidak bersalah, berbeda dengan KRIS 1949 dan UUDS 1950, yaitu di dalam Pasal 14 ayat (1). Meskipun demikian, keberadaan asas tersebut telah ditemukan dan diatur di dalam Pasal 8 UU No. 14 Tahun 1970 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 35 Tahun 1999 tentang Ketentuan Polok Kekuasaan Kehakiman, dan di dalam Pasal 18 UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Berbeda dengan asas persamaan keudukan dlam hukum, asas ini secara tegas diatur baik di dalam KRIS 1949 dan UUDS 1950 maupun UUD 1945 yaitu di dalam Pasal 27 ayat (1) UUD 1945. Permasalahan utamanya ialah bagaimana makna, pengaturan dan penerapan serta hubungan kedua asas tersebut, factor-faktor penghambat dan penanggulangannya pada sistem peradilan pidana Indonesia untuk masa mendatang.

Dengan berlandaskan latar belakang pemikiran ini, buku ini disusun dalam enam Bab terdiri atas; Bab I. Pendahuluan; Bab II. Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia; Bab III. Pengaturan dan Penerapan Asas Praduga Tidak Bersalah, hubungannya dengan Asas Persamaan Kedudukan dalam Hukum pada Sistem Peradilan Pidana Indonesia; Bab IV. Analisis Putusan Hakim dan Analisis Beberapa Putusan Bebas; Bab V. Hubungan Asas Praduga Tidak Bersalah dengan Asas Persamaan Kedudukan Dalam Hukum pada Sistem Peradilan Pidana Indonesia untuk masa yang akan datang; Bab VI. Asas Praduga TIdak Bersalah dalam Sistem Peradilan Pidana Belanda dan Amerika Serikat.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Ulasan

Muhammad Ridwan SiregarMuhammad Ridwan Siregar, 07 September, 2017
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku ini sangat bermanfaat ketika kita ingin mengenal lebih dalam mengenai asas presumtion of innocence atau asas praduga tidak bersalah. Tidak cukup bagi kita untk melihat difinisi yg ada di dalam per-uu-an, sehingga buku ini bisa menjadi rujukan untk dibaca. Bagi diri saya sendiri, ini berguna untk referensi pembuatan buku saya.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)