Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Teknik & Ilmu Pengetahuan    Teknik

Peralatan Tegangan Tinggi (Edisi 2)

Berat 0.45
Tahun 2012
Halaman 240
ISBN 9786022410294
Penerbit Erlangga
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp168.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Transformator
Abdul Kadir
Rp98.000
Modern Power System Control: Desain, Analisis, Dan Solusi Kontrol Tenaga Listrik
Imam Robandi
Rp99.500
Instalasi Listrik Dasar (Edisi 3)
Trevor Linsley
Rp210.000
Instalasi Listrik Tingkat Lanjut (Edisi 3)
Trevor Linsley
Rp180.000
Lainnya+   

Sinopsis

Peralatan Tegangan Tinggi, edisi kedua, adalah edisi terbaru hasil penyempurnaan dari edisi pertama. Dalam buku edisi kedua ini, sejumlah koreksi dan penambahan materi telah dilakukan, dengan maksud agar isi buku ini semakin mudah dipahami dan semakin lengkap materinya.

Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi yang berguna dan up-to-date bagi mahasiswa teknik elektro yang mendalami program studi teknik tenaga listrik, khususnya bagi peserta mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi (yang dianggap sangat penting sehingga ditetapkan sebagai mata kuliah keahlian dalam kurikulum nasional).

Buku ini bertujuan memperkenalkan para pembaca kepada peralatan-peralatan tegangan tinggi yang dijumpai pada sistem tenaga listrik; terutama dari sisi konstruksi, prinsip kerja, karakteristik, serta hal-hal yang membedakan peralatan tegangan tinggi tersebut dengan peralatan tegangan rendah. Buku ini juga menyajikan konsep dasar perencanaan untuk menentukan spesifikasi suatu peralatan untuk suatu keperluan tertentu dan konsep dasar perancangan isolasi peralatan tegangan tinggi. Dengan demikian, mahasiswa yang telah mempelajari buku ini diharapkan dapat mengembangkannya nanti setelah bekerja di lapangan.

 

Tentang Penulis:
Bonggas L. Tobing dilahirkan di Tarutung pada tanggal 17 Agustus 1947. Setelah meraih gelar sarjana teknik elektro dari Universitas Sumatera Utara, tahun 1973, beliau mengikuti berbagai pelatihan seperti Program “Matematika, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” dan pelatihan "Pendayagunaan Peralatan P3LPT" di ITB, Program Akta Mengajar V, Depdikbud dan pelatihan "Scada System and Data Communication", BWI Jakarta. Sejak tahun 1973 hingga sekarang, beliau menjadi dosen di Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. Tahun 1982-2010, beliau menjabat sebagai Kepala Laboratorium Teknik Tegangan Tinggi di perguruan tinggi yang sama.  Beliau juga  pernah  menjadi  Ketua  Jurusan  Teknik  Elektro (1979-1988), Perencana Laboratorium (1980-1985), dan kemudian Kepala Laboratorium Pengukuran Listrik (1991-1995) di Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen, Medan. Beliau aktif melakukan penelitian sejak tahun 1979 dan beberapa dari hasil penelitian itu telah dipresentasikan dalam seminar-seminar nasional teknik tegangan tinggi serta dimuat dalam publikasi nasional dan internasional. Beliau juga duduk sebagai anggota steering comittee pada seminar-seminar nasional teknik tegangan tinggi dan kelistrikan (1999-2007). Pengalamannya tidak terbatas di bidang pendidikan dan penelitian. Beliau juga terlibat dalam dunia praktis dan pengabdian kepada masyarakat, misalnya sebagai instruktor di Udiklat PT PLN Tuntungan, instruktor pada pelatihan karyawan Pabrik Gula PTP IX Sei Semayang dan PT Inalum, sebagai Area Engineer pada BWI Consulting Service NZ, dalam rangka supervisi proyek Loss Reduction Program PT PLN Wilayah II Sumut (1984-1988) dan proyek SCADA PT PLN Pikitring Sumut (1989-1994). Tahun 2006 beliau menjadi anggota “Komite Keandalan Sistim Tenaga Listrik”, Departemen ESDM RI dan tahun 2006 hingga sekarang menjadi mitra bestari jurnal “Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan” Puslitbang Teknologi Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan, Departemen ESDM RI. Dalam kerja-sama antar perguruan tinggi, beliau menjadi editor jurnal “Rekayasa Elektrika”, Universitas Syiah Kuala (2004) dan menjadi pengurus “Forum Studi Teknik Tegangan Tinggi Antar Universitas” (1999-2004). Dalam organisasi profesi, beliau menjadi anggota “International Council on Large Electric Systems” (CIGRE).

Keunggulan produk:

    Ringkas, karena mencakup semua jenis peralatan tegangan tinggi yang disajikan dalam total 240 halaman.
    Jelas, karena dilengkapi ilustrasi yang digambar dengan rapih yang ada di hampir setiap halaman.
    Padat, karena mencakup karakteristik, konstruksi, pemilihan dan pengujian peralatan-peralatan tegangan tinggi
 

(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

1. Pendahuluan
2. Pemutus Daya
3. Konduktor
4. Pelindung Tegangan Lebih
5. Sakelar Pemisah
6. Trafo Tegangan
7. Trafo Arus
8. Isolator Dan Bushing
9. Kapasitor Tegangan Tinggi
10. Trafo Daya
Lampiran
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)