Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Islam    Islam Umum

Pembaruan Islam: Dari Mana dan Hendak ke Mana?

Berat 0.39
Tahun 2010
Halaman 336
ISBN 9789794335710
Penerbit Mizan
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses (Edisi 2)
Yuyus Suryana
Rp88.000

Sinopsis

“Buku yang berapi-api ini menawarkan pemikiran yang melawan arus mayoritas buku yang membicarakan Islam. Buku ini menyoroti bagaimana intelektual Muslim membahas permasalahan-permasalahan yang menghadang Islam dan Dunia Islam. Buku yang amat menarik ini berhasil mendobrak pencitraan simplistik yang tersebar luas, yang menggambarkan Islam sebagai sebuah kesatuan yang seragam, atau yang menganggap Islam dapat dipilah dengan gampang menjadi aliran liberal, moderat, dan integrasisme/fundamelatisme.” –Majalah Les Cashiers d’histoire

Memasuki abad ke-21 program pembaruan Islam yang dimulai pada akhir abad ke-19, dengan Afghani dan Abduh sebagai tokohnya yang paling penting, sudah sayup-sayup terdengar. Berbagai soal yang melilit umat Islam belum banyak yang terpecahkan, tetapi kemudian dunia digemparkan dengan berbagai kejadian yang menjadi sasaran pemberitaan media massa, terutama penggunaan kekerasan oleh “para pembela Islam” yang diberitakan dengan sangat massif.

Apakah pembaruan Islam memang sudah berhenti?

Buku ini menjawab dengan tegas, “tidak”. Pembaruan tetap terjadi dengan pelaku yang tidak hanya terbatas pada kaum Muslim. Persoalan-persoalan yang pada masa lalu menjadi garapan pemikir Islam semata, kini –sebenarnya sejak pertengahan abad ke-20—menjadi persoalan kemanusiaan yang diperbincangkan oleh banyak peneliti, komentator politik, dan pemikir dengan latar belakang keyakinan yang berbeda. Jadilah dikumpulkan di sini Ahmad Khalafallah, Ali Abd al-Raziq, Jacques Berque, Maxime Rodison, Masrshall Hodgson, Fazlur Rahman. Ada juga Burhan Ghalioun, Roy Muttahedeh, A. Majid Syarfi, M. Syarfi, dan A. Talbi yang masih sedikit dikenal di Indonesia.

Di sini pembaca akan dibawa ke bengkel kerja pemikiran modern yang mennawarkan deskripsi dan analisis yang berbeda mengenai berbagai soal yang berkaitan dengan pembaruan Islam,s eperti cara memahami Quran, hubungan antara wilayah politik dan wilayah agama dalam Islam, dan bagaimana menjadi modern tanpa meninggalkan keimanan. Dengan melihat itu barangkali ada bekal yang memadai untuk menjawab pertanyaan di atas dan melanjutkan perjalanan.

“Media hanya tertarik meliput Islam ketika muncul berita kekerasan (terorisme) atau masalah-masalah esoterik (jilbab). Padahal, sesungguhnya, hal-hal semacam itu mengaburkan dalamnya permasalahan yang dihadapi Islam. Buku Abdou Filai-Ansary ini menunjukkan bagaimana, dalam sebuah konteks yang pelik, Muslim-Muslim yang terpelajar dan berani menjawab permasalahan itu.” –Majalah La quinzaine litteraire
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)