Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pertanian & Lingkungan Hidup    Peternakan

Panen Untung Dari Akuabisnis Ikan Belida

Berat 0.33
Tahun 2012
Halaman 176
ISBN 9789792932249
Penerbit Andi
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Dasar Raspberry Pi: Panduan Praktis Untuk Mempelajari Pemrograman Perangkat Keras Menggunakan Raspberry Pi Model B
Abdul Kadir
Rp190.000

Sinopsis

Belida adalah salah satu ikan air tawar ekonomis dan merupakan ikan spesies asli perairan umum/air tawar di Indonesia. Selain sebagai ikan yang dikonsmsi langsung, belida juga merupakan bahan baku penting pembuatan kerupuk, amplang (kerupuk khas Samarinda), dan empek-empek/pempek palembang yang terkenal itu. Di samping itu, belida dipajang di akuarium sebagai ikan hias karena bentuk tubuhnya yang unik mirip pisau dan penampilannya yang menawan.

Harga belida cukup tinggi, antara Rp. 30.000-50.000/kg di tingkat produsen (penangkap dan pembudidaya). Harga tersebut sangat tinggi dibandingkan harga ikan-ikan introduksi dan merupakan ikan yang paling banyak dibudidayakan, yaitu nila, lele, bawal air tawar, dan ikan mas yang hanya Rp. 11.000-15.000/kg di tingkat produsen. Sementara itu, produksi belida masih bergantung pada penangkapan di alam secara intensif dan tidak selektif yang mengancam populasi belida di alam. Karena itu, pembudidayaan merupakan langkah yang tepat, baik untuk meningkatkan produksi maupun mencegah terjadinya kepunahan spesies (species extinction).

Peluang untuk meningkatkan produksi belida secara besar-besaran sangat prospektif. Pasalnya, selain didukung sumber daya alam, ikan belida juga telah berhasil dibenihkan secara terkontrol. Sebagai ikan air tawar bernilai ekonomi tinggi, belida juga dapat dipilih sebagai salah satu komoditas bisnis.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Ulasan

Hermawan SantosoHermawan Santoso, 23 February, 2014
Rating: 1 dari 5 Bintang!
Buku ini mentah ... tidak ada yang bisa diambil ... semua hanya karangan berdasarkan opini pribadi mungkin ... cara budidaya nya dangkal sekali ... perhitungan bisnis nya asal jadi ... kurang mencerminkan kondisi sesungguhnya ... mungkin dikarenakan belida ini blm ada referensi yang akurat ....
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)