Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Budaya

Metode Etnografi

Berat 0.37
Tahun 2011
Halaman 348
ISBN 9798120698
Penerbit Tiara Wacana
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Pokok-Pokok Antropologi Budaya (Edisi Terbaru)
T.O. Ihromi
Rp80.000
Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Lexy J. Moleong
Rp100.000
Sejarah Teori Antropologi II
Koentjaraningrat
Rp28.000
Sejarah Teori Antropologi I
Koentjaraningrat
Rp40.000
Lainnya+   

Sinopsis

      .... bagi Spradley, "ilmu untuk ilmu" sudah ketinggalan zaman. Ilmu harus mempunyai kegunaan praktis dalam menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan. Begitu juga halnya dengan penelitian etnografi: seorang peneliti yang berhasil adalah juga seorang problem solver.


Metode etnografi yang diuraikan dalam buku ini adalah tipe metode yang bersumber pada ethnoscience, atau yang dikenal sebagai etnografi baru. Bila etnografi modern, yang dipelopori oleh Radcliffe-Brown dan Malinowski, berusaha mengarahkan kajian etnografi pada upaya generalisasi, yakni penyusunan kaidah-kaidah umum tentang masyarakat (melalui komparasi antara organisasi internal masyarakat dan sistem sosial), maka etnografi baru justru berusaha menemukan keunikan' dari suatu masyarakat, yakni persepsi dan organisasi pikiran dari masyarakat atas fenomena material yang ada di sekelilingnya. Oleh karenanya, objek kajian antropologi tidak lagi berkenaan dengan fenomena material, melainkan dengan cara fenomena tersebut diorganisasikan di dalam pikiran (mind) manusia. Singkatnya, lantaran budaya berada di dalam pikiran manusia, dan bentuknya adalah organisasi pikiran tentang fenomena material, maka tugas etnografi adalah menemukan dan menggambarkan organisasi pikiran tersebut. Dengan acuan perspektif yang demikian itu, di dalam buku ini Spradley melukiskan empat tipe analisis etnografis, yakni analisis domain; analisis taksonomik; analisis komponen; dan analisis tema.

Cara terbaik untuk belajar menulis adalah dengan menulis itu sendiri. Anjuran serupa juga disampaikan oleh James P. Spradley di dunia etnografi. Menurutnya, cara terbaik untuk belajar etnografi adalah dengan melakukan etnografi. Dan, agar proses tersebut bisa berjalan secara sistematis, terarah, dan efektif, Spradley melengkapinya dengan suatu panduan metode yang khas, yang disebutnya The Developmental Research Sequence, yang didasarkan pada lima prinsip, yaitu teknik tunggal, identifikasi tugas, maju bertahap, penelitian orisinal, dan problem-solving. Kemudian, dengan menggunakan pendekatan etnosemantik, Spradley mengajak para (calon) etnografer untuk menekuni dua belas (12) langkah pokok yang dapat digunakan sebagai panduan dalam teknik wawancara etnografis.

Dalam tingkatan kebutuhan yang paling praktis, buku ini cukup tepat untuk digunakan sebagai buku panduan perihal cara melakukan entografi selangkah demi selangkah. Oleh karenanya, buku ini sangat dianjurkan sebagai buku acuan bagi para peneliti etnografi pemula. Di samping itu, untuk kepentingan kajian komparasi dan pengembangan lebih lanjut mengenai metode penelitian, buku ini juga relevan untuk digunakan sebagai referensi pembanding -- jika pun bukan sebagai referensi utama -- bagi kalangan etnografer berpengalaman.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Daftar Isi

    * Bagian Satu
            Penelitian Etnografi
            Bab Satu Etnografi dan Kebudayaan
            Bab Dua Bahasa dan Penelitian Lapangan
        &nbs
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Asep Abdul Aziz (Azis)Asep Abdul Aziz (Azis), 16 August, 2017
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Bagus
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
lestari ika prastiwilestari ika prastiwi, 16 March, 2014
Rating: 5 dari 5 Bintang!
buku ini cocok untuk penelitian kualitatif, recommended pokoknya.
terima kasih belbuk..
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Etty KarimEtty Karim, 07 April, 2011
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku ini sangat bermanfaat dan membantu dalam penelitian yang sedang saya lakukan. Cara penulisan dan bahasa yang dipakai mudah dimengerti.... :)
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)