Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Novel & Sastra    Novel

Meretas Aksara di Belantara

Berat 0.20
Tahun 2012
Halaman 160
ISBN 9786020031361
Penerbit Elex Media Komputindo
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Perempuan Di Antara Berbagai Pilihan Hukum
Sulistyowati Irianto
Rp80.000
Hukum Keluarga: Karakteristik dan Prospek Doktrin Islam dan Adat dalam Masyarakat Matrilineal Minangkabau
Yaswirman
Rp106.000

Sinopsis

"Kamia Orang Rimba nioma" demikian komunitas asli Jambi yang hidup di hutan dataran rendah menamakan jati diri kesukuannya. Wilayah tradisional Orang Rimba mendiami kawasan pedalaman yang di antara hulu-hulu sungai anak Batang Hari, yang dahulunya terisolasi dan sulit dijangkau.

Anak Sungai yang didiami Orang Rimba adalah Batang Limun, Batang Asai, Batang Tembesi, Batang Merangin, Batang Tabir, Batang Pelepat, dan Batang Bungo. Jati diri "kerimbaan" menjadi bagian dari keseluruhan cara-cara hidup komunitas ini. Berburu dan Meramu hasil hutan, merupakan penyanggah utama komunitas ini. Dari tahun 2000 hingga sekarang terdapat 19 kader yang pernah bertugas membantu fasilitator Pendidikan.

Warsi menyebarkan pendidikan di kalangan Orang Rimba. Dalam setiap tahunnya, ada 2-5 kader yang aktif mengajar. Biasanya kader akan menyudahi tugasnya kala ia menikah. Dari fasilitasi yang dilakukan Warsi, anak-anak rimba sedikit demi sedikit mulai terbebas dari buta aksara dan memiliki keterampilan baca tulis dan hitung.

Selain memberikan pendidikan langsung, untuk Orang Rimba yang berada dekat dengan fasilitas pendidikan, maka Warsi juga menjembatani mereka untuk melanjutkan ke sekolah-sekolah formal. Baik berupa pendidikan kelas jauh, ataupun mengikutkan orang Rimba pada ujian persamaan setelah mengikuti pendidikan Paket A dan B.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Ulasan

ulfah rulli hastutiulfah rulli hastuti, 19 October, 2017
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Menurut saya buku sangat bagus isinya. Dari buku ini saya dapat pengetahuan baru. Betapa gigihnya perjuangan para tim WARSI dalam membantu generasi bangsa meskipun harus menemui banyak tantangan. Saya jadi terinspirasi dan termotivasi untuk membantu lingkungan di sekitar saya untuk membantu mereka yang butuh bantuan terutama dalam hal membaca. Pengorbanan tim WARSI sungguh luar biasa dan layak mendapat penghargaan.Semoga amal baik tim WARSI beserta kru lahir batin berjuang membantu dalam mendampingi saudara kita membuka cakrawala dan membawa kehidupan yang lebih baik dengan bekal ilmu pengetahuan bagi saudara kita yang tinggal jauh di pedalaman mendapat ridho dan balasan dari allah swt. Buku ini seharusnya dibaca oleh masyarakat agar mereka juga tahu dan tergugahrasa kepedulian kepedulian terhadap sesama dan Pengorbanan tim WARSI sungguh luar biasa.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)