Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Filsafat

Logika: Ilmu dan Seni Berpikir Kritis

Berat 0.25
Tahun 2012
Halaman 200
ISBN 9789790623842
Penerbit Indeks
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
9

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Dasar-Dasar Logika
Surajiyo
Rp51.000
Logika (Ilmu Mantiq)
Basiq Djalil
Rp37.000
Teori Keadilan: Dasar-Dasar Filsafat Politik untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial dalam Negara
John Rawls
Rp135.000
Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik
Robert E. Slavin
Rp122.000
Lainnya+   

Sinopsis

 Logika sesungguhnya merupakan alat (organon) untuk bernalar dan berargumentasi. Sebagai alat, logika penting bagi siapa saja yang berkecimpung dalam pemelajaran formal atau informal untuk kritis menilai argumentasi dan penalarannya sendiri atau orang lain. Sikap kritis perlu dibangun agar kita mampu mengambil keputusan tepat dalam berbagai aspek kehidupan, dan tidak mudah terkecoh oleh argumentasi-argumentasi sesat yang sering dikemas dengan rumusan-rumusan persuasif yang mengecohkan serta intrik-intrik psikologis yang tak mudah terendus. Buku ini bermaksud membangun sikap kritis itu dengan memperkenalkan kaidah-kaidah bernalar yang logis.


Setelah mengintroduksi beberapa hal yang diperlukan untuk melangkah masuk dunia logika, buku ini langsung menyajikan berbagai macam sesat-nalar (fallacia) yang tanpa disadari sering membuat kita kurang cerdas dalam berargumentasi dan kurang cermat dalam bernalar. Tak jarang kita menyaksikan berbagai model kesesatan yang diperagakan dalam arena demokrasi, misalnya ketika para politisi tanpa rasa sungkan mengubah arena publik transaksi argumentasi, menjadi arena transaksi masalah pribadi untuk saling menjatuhkan.


Selanjutnya pembicaraan tentang pengertian dan term, serta putusan dan proposisi, mempersiapan kita untuk membuat penalaran dan penyimpulan secara tepat. Penalaran induksi dan deduksi diperkenalkan sebagai langkah menuju penyimpulan. Langkah untuk menilai dan membuat penyimpulan, dibahas dalam penyimpulan oposisional, konversi, dan silogisme, baik kategoris maupun hipotetis. Bagian akhir ini mengarahkan kita untuk lebih cermat dalam menarik kesimpulan berdasarkan data dalam premis, sesuai dengan prinsip dan kaidah logika. Latihan-latihan pada akhir bab sangat membantu, terutama bagi mereka yang mau belajar sendiri.


Dengan demikian buku ini bermanfaat bagi mereka yang bergumul dengan kegiatan bernalar dan berargumentasi, para ilmuwan, para dosen, mahasiswa, akademisi dari berbagai disiplin ilmu, reporter, pengacara, para praktisi, aktivis yang berkecimpung dalam dunia pengambilan keputusan, para politisi, pejabat, dan siapa saja yang ingin membangun karakter berpikir kritis.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Ulasan

adinda karinaadinda karina, 03 October, 2013
Rating: 4 dari 5 Bintang!
sangat mendukung buat tugas
2 dari 2 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)