Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Manajemen

Leadpreneurship: Pendekatan Strategic Management dalam Kewirausahaan

Berat 0.18
Tahun 2009
Halaman 144
ISBN 9789790335226
Penerbit Erlangga
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
1

Sinopsis

Wirausahawan adalah penggerak roda perekonomian suatu negara. Mereka mampu menciptakan banyak lapangan kerja baru sehingga membantu upaya pemerintah mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan. Dengan kewirausahaan, berbagai macam produk dihasilkan, kreativitas dipicu, dan inovasi tercipta. Sayangnya jumlah wirausahawan di Indonesia belum sebanding dengan kebutuhan. Padahal untuk menjadi negara maju, Indonesia membutuhkan sedikitnya 2 persen penduduknya menjadi wirausahawan. Kenyataannya saat ini Indonesia baru memiliki 0,18 persen saja.

Selain masalah jumlah, masalah kualitas wirausahawan juga tak kalah penting. Karena kekurangan pengetahuan dan keterampilan, banyak wirausahawan kita yang terpaksa gulung tikar sebelum usahanya sempat berkembang. Tantangan yang mereka hadapi juga semakin berat karena terjadinya krisis ekonomi yang melanda dunia saat ini.

Dalam kondisi ini, buku Dr. A. B. Susanto yang berjudul Leadpreneurship: Pendekatan Strategic Management dalam Kewirausahaan, terasa sangat relevan. Sebab buku ini membedah kewirausahaan dan keterkaitannya dengan kepemimpinan. Buku ini menekankan pentingnya kepemimpinan dalam mendukung semangat kewirausahaan agar dapat merintis bisnis sekaligus mempertahankan dan membesarkannya.

Leadpreneurship adalah perpaduan antara keterampilan kewirausahaan (entreneurship) dan kualitas kepemimpinan (leadership).

Kedua kualitas itu menyatu dalam diri seorang Leadpreneur, mengubahnya menjadi pribadi dengan kemampuan:
  1. Mengubah sumber daya bernilai rendah menjadi bernilai tinggi melalui pengambilan risiko terukur dan kepemimpinan efektif
  2. Memanfaatkan peluang lebih daripada mempertimbangkan sumber daya
  3. Melihat masalah sebagai peluang sekaligus tantangan dan bekerja secara sistematis dalam mengatasinya
  4. Mengenali dirinya sendiri - pengetahuan, keterampilan, serta visi untuk mewujudkan cita-cita diri dan organisasi
  5. Memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki, baik kekuatan pribadi, sumber daya manusia, finansial, maupun sumber daya fisik lainnya
  6. Menghidupkan visi
  7. Memberikan inspirasi atau dorongan kepada orang-orang di sekelilingnya dengan harapan, keberanian, serta keyakinan
  8. Mengambil inisiatif dan menerima tantangan dalam bentuk proyek-proyek baru
  9. Belajar serta terbuka terhadap ide-ide baru
  10. Berubah sebagai antisipasi terhadap dinamika lingkungan

Buku ini juga membahas Buku ini juga membahas tinjauan psikologis wirausahawan, faktor-faktor yang membuat wirausahawan bisa bertahan, strategi memulai usaha: identifikasi dan analisis peluang, dan juga kewirausahaan dan organisasi. Buku ini merupakan referensi wajib bagi para wirausahawan maupun mereka yang baru akan memulai berwirausaha.

(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)