belbuk.com
  Cara Pembelian    Konfirmasi Transfer   Status Pesanan   Bantuan   Hubungi Kami    
   
Masuk Akun
  Buku  Majalah  CD/DVD  
 
0
Troli Belanja Keinginan
Beranda    Buku    Komputer & Internet    Pemrograman

Langkah & Proses Tercepat Menjadi Programer Kylix & Delphi

Oleh Budi Raharjo, Imam Heryanto
Berat   0.50 kg
Tahun   2007
Halaman   512
Ukuran   21 x 14
ISBN   9791153000
Penerbit   Informatika
Kategori   BukuKomputer & InternetPemrograman
Daftar Isi Buku Sejenis
 
Persediaan Habis
 
Persediaan buku ini sedang habis. Apakah anda ingin diberitahu pada saat buku ini sudah tersedia?
Ya, kirim saya pemberitahuan
 
 
Belum ada yang memberi tinjauan untuk produk ini    Beri Tinjauan
Daftar Isi

1 - Pengenalan Kylix 1
1.1 Apa Itu Kylix? 1
1.2 Pemrograman Event-Driven 2
1.3 IDE Kylix 4
1.3.1 Main Menu 6
1.3.2 Toolbar 6
1.3.2.1 Toolbar Standard 6
1.3.2.2 Toolbar Help 7
1.3.2.3 Toolbar View 8
1.3.2.4 Toolbar Debug 9
1.3.3 Component Pallete 10
1.3.4 Object Treeview 10
1.3.5 Object Inspector 11
1.3.6 Code Editor 13
1.3.7 Form Designer 14
1.4 Trik Menggunakan Help 16
1.4.1 Menekan Tombol F1 pada Object Inspector 17
1.4.2 Menekan Tombol F1 pada Code Editor 18
1.4.3 Menekan Tombol F1 pada Form Designer 19
1.4.4 Menekan Tombol F1 pada saat Memilih Menu 20
1.5 Trik Penulisan Kode 21
1.5.1 Code Completion 21
1.5.2 Code Parameter 23
1.5.3 Code Template 24
1.6 Langkah Awal Pembuatan Aplikasi Kylix 27
1.6.1 Membuat Project 27
1.6.2 Menempatkan Komponen ke dalam Form 28
1.6.3 Menuliskan Kode Program 30
1.6.4 Menjalankan Aplikasi 33

2 - Bahasa Pemrograman Kylix 35
2.1 Organisasi Program di dalam Kylix 35
2.1.1 File Kode Sumber 36
2.1.2 File Lain yang Digunakan dalam Proses Pembuatan Program 36
2.2 Program dan Unit 38
2.2.1 Struktur Program 38
2.2.2 Struktur Unit 39
2.2.2.1 Bagian Interface 41
2.2.2.2 Bagian Implementation 41
2.2.2.3 Bagian Initialization 41
2.2.2.4 Bagian Finalization 42
2.2.3 Unit Sirkular 42
2.3 Kaidah Sintaktis dalam Object Pascal 44
2.3.1 Token 44
2.3.1.1 Simbol Khusus 45
2.3.1.2 Pengenal 46
2.3.1.2.1 Qualified Identifer 47
2.3.1.3 Kata Kunci 47
2.3.1.4 Direktif 48
2.3.1.5 Numeral 48
2.3.1.6 Label 48
2.3.1.7 String Karakter 49
2.3.2 Komentar dan Direktif Kompilator 50
2.3.3 Ekspresi 51
2.3.3.1 Operator 51
2.3.3.1.1 Operator Aritmetika 52
2.3.3.1.2 Operator Boolean 53
2.3.3.1.3 Operator Bitwise 54
2.3.3.1.4 Operator Relasional 55
2.3.3.1.5 Operator String 56
2.3.3.1.6 Operator Pointer 56
2.3.3.1.7 Operator Set 58
2.3.3.1.8 Operator Kelas 59
2.3.3.1.9 Operator @ 59
2.3.3.2 Pemanggilan Fungsi 59
2.3.3.3 Pembentuk Set/Himpunan 60
2.3.3.4 Indeks 60
2.3.3.5 Typecast 61
2.3.4 Deklarasi dan Statemen 61
2.3.4.1 Deklarasi 62
2.3.4.2 Statemen 63
2.3.4.3 Statemen Sederhana 63
2.3.4.3.1. Statemen Assignment 63
2.3.4.3.2 Statemen Pemanggilan Fungsi dan Prosedur 64
2.3.4.3.3 Statemen goto 64
2.3.4.4 Statemen Terstruktur 65
2.3.4.4.1 Statemen Gabungan 66
2.3.4.4.2 Statemen with 66
2.3.4.4.3 Statemen if 68
2.3.4.4.4 Statemen case 70
2.3.4.4.5 Statemen for 73
2.3.4.4.6 Statemen while 75
2.3.4.4.7 Statemen repeat 76
2.4 Tipe Data, Variabel, dan Konstanta 77
2.4.1 Tipe Sederhana 77
2.4.1.1 Tipe Ordinal 77
2.4.1.1.1 Tipe Integer 79
2.4.1.1.2 Tipe Karakter 80
2.4.1.1.3 Tipe Boolean 81
2.4.1.1.4 Tipe Enumerasi 81
2.4.1.1.5 Tipe Subrange 83
2.4.1.2 Tipe Riil 84
2.4.2 Tipe String 85
2.4.2.1 ShortString 87
2.4.2.2 AnsiString 88
2.4.2.3 WideString 88
2.4.2.4 Null-Terminated String 88
2.4.3 Tipe Terstruktur 88
2.4.3.1 Set/Himpunan 89
2.4.3.2 Array 90
2.4.3.2.1 Array Statik 90
2.4.3.2.2 Array Dinamik 91
2.4.3.2.3 Array Terbuka 94
2.4.3.3 Record 95
2.4.3.3.1 Case-Variant Record 96
2.4.4 Tipe Pointer 97
2.4.5 Tipe Prosedural 98
2.4.6 Tipe Variant 100
2.5 Prosedur dan Fungsi 100
2.5.1 Deklarasi Prosedur dan Fungsi 101
2.5.2 Parameter 103
2.5.2.1 Jenis Parameter 103
2.5.2.1.1 Parameter Masukan 103
2.5.2.1.2 Parameter Keluaran 103
2.5.2.1.3 Parameter Masukan-Keluaran 104
2.5.3 Overload 105
2.6 Exception-Handling 106
2.6.1 Statemen try..except 107
2.6.2 Statemen try..finally 108

3 - Pemrograman Berorientasi Objek 109
3.1 Sekilas tentang OOP 109
3.1.1 Abstraksi 110
3.1.2 Pembungkusan 111
3.1.3 Pewarisan 112
3.1.4 Polimorfisme 112
3.2 Pengenalan Kelas dan Objek 113
3.3 Kelas, Objek, dan Pemrograman Visual 115
3.4 Mengenal Properti, Field, dan Method 116
3.4.1 Properti dan Field 116
3.4.2 Method 117
3.4.2.1 Method Kelas 118
3.5 Constructor dan Destructor 119
3.5.1 Overload Constructor 120
3.5.2 Destructor 122
3.5.2.1 Perbedaan Method Free dan Destroy 123
3.5.2.2 Mengenal Method Release 128
3.6 Overload Method 128
3.7 Mengenal Kata Kunci Self 129
3.8 Lebih Jauh tentang Pembungkusan 130
3.8.1 Tingkat Akses dalam Sebuah Kelas 131
3.8.1.1 Private 131
3.8.1.2 Public 133
3.8.1.3 Protected 136
3.8.1.4 Published 140
3.8.2 Pembungkusan dan Unit 140
3.9 Lebih Jauh tentang Pewarisan 142
3.9.1 Kylix tidak Mendukung Multiple Inheritance 147
3.10 Lebih Jauh tentang Polimorfisme 148
3.10.1 Kelas Abstrak 149
3.10.2 Method Statik, Virtual, dan Dinamik 149
3.10.2.1 Method Statik 150
3.10.2.2 Method Virtual 150
3.10.2.3 Method Dinamik 150 
3.10.3 Melakukan Override terhadap Method 151
3.10.4 Konsep Polimorfisme 153

4 - Memahami Objek-objek CLX 159
4.1 Apa Itu CLX? 159
4.2 Struktur CLX 162
4.3 Properti, Method, dan Event 163
4.3.1 Properti 163
4.3.2 Method 163
4.3.3 Event 163
4.4 Beberapa Objek Penting dalam Hirarki CLX 164
4.4.1 TObject 164
4.4.2 Exception 165
4.4.3 TPersistent 165
4.4.4 TComponent 166 
4.5 Menggunakan Komponen-komponen Kontrol (Tingkat Dasar) 166
4.5.1 Melakukan Input Teks 167
4.5.1.1 Komponen TEdit 167
4.5.1.2 Komponen TMaskEdit 169
4.5.1.3 Komponen TMemo 170
4.5.2 Pemilihan Opsi 175
4.5.2.1 Komponen TRadioButton dan TCheckBox 176
4.5.2.2 Komponen TGroupBox 177
4.5.2.3 Komponen TRadioGroup 178
4.5.3 Bekerja dengan Daftar Item (List) 178
4.5.3.1 Komponen TListBox 179
4.5.3.2 Komponen TComboBox 188
4.5.3.3 Komponen TCheckListBox 189
4.5.4 Bekerja dengan Menu 194
4.5.4.1 Komponen TMainMenu 195
4.5.4.2 Komponen TPopupMenu 197
4.5.5 Bekerja dengan Kotak Dialog 203
4.6 Menggunakan Komponen-komponen Kontrol (Tingkat Lanjut) 211
4.6.1 Komponen TTreeView dan TListView 211
4.6.1.1 Bekerja dengan TTreeView 214
4.6.1.2 Bekerja dengan TListView 222
4.6.2 Komponen TPageControl 227
4.6.3 Komponen TSplitter 234
4.6.4 Komponen TToolBar dan TStatusBar 236
4.7 Owner-Draw dalam Kontrol CLX 240
4.8 Mengenal Properti Style dalam CLX 244
4.9 Mengenal TList, TStrings, dan TStringList 246
4.9.1 Menggunakan Kelas TList 247
4.9.2 Menggunakan Kelas TStrings 252
4.9.3 Menggunakan Kelas TStringList 252

5 - Membangun User-Interface 257
5.1 Mengenal Kelakuan Aplikasi 257
5.1.1 Menggunakan TApplication 258
5.1.2 Menggunakan TScreen 258
5.2 Bekerja dengan Form 268
5.2.1 Properti-properti dari kelas TForm 269
5.2.1.1 Properti FormStyle 269
5.2.1.2 Properti BorderStyle 270
5.2.1.3 Properti Constraints 271
5.2.1.4 Properti Position 272
5.2.1.5 Properti BorderIcons 273
5.2.1.6 Properti WindowState 274
5.2.2 Membuat Form 274
5.2.3 Menutup Form 275
5.3 Aplikasi dengan Banyak Form 277
5.3.1 Menambahkan Form ke dalam Project 277
5.3.2 Menentukan Form Utama 278
5.3.3 Menampilkan Form Lain 279
5.3.4 Mengenal Auto-create Form dan Available Form 281
5.3.5 Melakukan Copy dan Inherit Form 283
5.3.6 Menambahkan Form ke dalam Object Repository 286
5.4 Aplikasi MDI (Multiple Document Interface) 288
5.5 Menggunakan TActionList 304
5.5.1 Apa Itu Aksi? 305
5.5.2 Mendefinisikan Aksi 305
5.5.3 Mengeksekusi Aksi 307

6 - Shared Object 317
6.1 Apa Itu Shared Object? 317
6.2 Membuat Shared Object 319
6.3 Menggunakan Shared Object 322
6.4 Direktif Kompilator pada Shared Object 327
6.5 Menggunakan Indeks dan Nama di dalam 
 Shared Object 328
6.6 Perbedaan Static Linking dan Dynamic Linking 330

7 - Pengenalan Aplikasi Database 335
7.1 DBMS 335
7.2 Arsitektur Umum Aplikasi Database 337
7.2.1 Arsitektur Single-Tier 338
7.2.1.1 Sistem Stand-Alone 338
7.2.1.2 Sistem File-Share 338
7.2.2 Arsitektur Two-Tier 339
7.2.3 Arsitektur Multi-Tier 339
7.3 Arsitektur Aplikasi Database dalam Kylix 340
7.3.1 Implementasi Arsitektur Single-Tier 342
7.3.2 Implementasi Arsitektur Two-Tier 343
7.3.3 Implementasi Arsitektur Multi-Tier 345

8 - Bekerja dengan TClientDataSet 347
8.1 Apa Itu TClientDataSet? 347
8.2 Menghubungkan File Data ke Komponen TClientDataSet 349
8.3 Membuka dan Menutup TClientDataSet 351
8.4 Melakukan Navigasi Data 352
8.4.1 Menggunakan Method Navigasi dari Dataset 352
8.4.2 Menggunakan Properti Navigasi dari Dataset 358
8.4.2.1 Properti EOF 358
8.4.2.2 Properti BOF 359
8.4.3 Menggunakan Bookmark 360
8.5 Melakukan Filter terhadap Data 365
8.5.1 Menggunakan Range 365
8.5.2 Menggunakan Properti Filter 369
8.6 Indeks dalam TClientDataSet 374
8.6.1 Membuat Indeks 374
8.6.1.1 Membuat Indeks pada saat Design-Time 374
8.6.1.2 Membuat Indeks pada saat Run-Time 377
8.6.2 Menggunakan Indeks 377
8.6.3 Menghapus Indeks 378
8.6.4 Memperoleh Daftar Indeks pada TClientDataSet 378
8.7 Melakukan Pencarian Data 380
8.7.1 Menggunakan Method Locate 380
8.7.2 Menggunakan Method Lookup 385
8.7.3 Menggunakan Method FindKey 387
8.7.4 Menggunakan Method FindNearest 387
8.7.5 Menggunakan Method GotoKey 391
8.7.6 Menggunakan Method GotoNearest 391
8.8 Melakukan Manipulasi Data 392
8.8.1 Memasukkan Data 392
8.8.2 Mengubah Data 393
8.8.3 Menghapus Data 393
8.8.4 Mengenal Method ApplyUpdates 394
8.9 State dalam TClientDataSet 395
8.10 Lebih Jauh tentang Properti Data dan Delta 397
8.11 Bekerja dengan Field di dalam TClientDataSet 403
8.11.1 Membuat Persistent Field 404
8.11.2 Membuat Calculated Field 406
8.11.3 Membuat Lookup Field 410
8.11.4 Pengelompokkan Data dan Aggregate Field 411
8.12 Menghubungkan TClientDataSet dengan Data-Aware Control 416

9 - MySQL dan Firebird 423
9.1 MySQL 423
9.1.1 Instalasi MySQL 424
9.1.2 Menjalankan Server MySQL 425
9.1.3 Menjalankan Aplikasi Client MySQL 426
9.1.4 Perintah-perintah Umum dalam MySQL 427 
9.1.4.1 Membuat Database 427
9.1.4.2 Menampilkan Database yang Tersedia 427
9.1.4.3 Memilih Database 428
9.1.4.4 Menampilkan Tabel yang Tersedia 428
9.1.4.5 Melakukan Backup Data per Tabel 429
9.1.4.6 Melakukan Restore Data per Tabel 429
9.2 Firebird 430
9.2.1 Instalasi Firebird 430
9.2.2 Menjalankan dan Menghentikan Server Firebird 432
9.2.3 Menjalankan Aplikasi Client Firebird 433
9.2.4 Perintah-perintah Umum dalam Firebird 434
9.2.4.1 Membuat Database 434
9.2.4.2 Melakukan Koneksi ke Database 434
9.2.4.3 Menampilkan Tabel yang Tersedia 434
9.3 Dasar-dasar SQL 435
9.3.1 Objek-objek dalam Database 435
9.3.2 Seleksi Data 437
9.3.3 Komponen-komponen SQL 437
9.3.3.1 DDL (Data Definition Language) 437
9.3.3.1.1 Membuat Tabel 438
9.3.3.1.2 Mengubah Struktur Tabel 439
9.3.3.1.3 Menghapus Tabel 440
9.3.3.2 DML (Data Manipulation Language) 441
9.3.3.2.1 Memasukkan Data 441
9.3.3.2.2 Mengubah Data 442
9.3.3.2.3 Menghapus Data 442
9.3.3.3 DCL (Data Control Language) 443
9.3.3.3.1 Mengontrol Transaksi 443
9.3.3.3.2 Mengontrol Hak Akses 443
9.3.4 Aggregate Function 444
9.3.5 Pengurutan Data 445
9.3.6 Pengelompokkan Data 446
9.3.7 Penyaringan (Filter) Data 447
9.3.8 Join 449
9.3.8.1 Cross Product 450
9.3.8.2 Inner Join 451
9.3.8.3 Outer Join 452
9.3.8.3.1 Left Outer Join 452
9.3.8.3.2 Right Outer Join 453
9.3.8.3.3 Full Outer Join 453

10 - dbExpress 455
10.1 Apa Itu dbExpress? 455
10.2 Mengenal Dataset Unidirectional 457
10.3 Jenis Dataset Unidirectional 458
10.4 Menggunakan Komponen-komponen dalam dbExpress 458
10.4.1 Menggunakan Komponen TSQLConnection 459
10.4.2 Menggunakan Komponen TSQLDataSet 465
10.4.3 Menggunakan Komponen TSQLTable 470
10.4.4 Menggunakan Komponen TSQLQuery 471
10.4.5 Menggunakan Komponen TSQLStoredProc 471
10.4.6 Menggunakan Komponen TSQLClientDataSet 476
10.5 Dataset Unidirectional, TDataSetProvider, dan TClientDataSet 481
10.6 Modifikasi dan Penyimpanan Data 485
10.6.1 Menyimpan Perubahan dengan ApplyUpdates 485
10.6.2 Membatalkan Perubahan dengan CancelUpdates 493
10.7 Parameter dalam TSQLDataSet 493
10.8 Membuat Hubungan Master/Detail 501


Lampiran 509
A. Instalasi Kylix 509
B. Cara Menggunakan Buku ini bagi Pemakai Delphi 509

(Kembali Ke Atas)
Buku Sejenis
Belajar Sendiri Pasti Bisa jQuery
Belajar Sendiri Pasti Bisa jQuery
Abdul Kadir
Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data
Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data
Said Mirza Pahlevi
Cara Gampang Bikin CMS PHP Tanpa Ngoding
Cara Gampang Bikin CMS PHP Tanpa Ngoding
Su Rahman
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman
Fajar Junaedi EP
Pedoman Praktis Pengembangan Aplikasi Web Database Menggunakan Java Server Page
Pedoman Praktis Pengembangan Aplikasi Web Database Menggunakan Java Server Page
Samuel Prakoso
Pemrograman Database dengan Java
Pemrograman Database dengan Java
Irawan
212 Tips Mastering Professional Web Design
212 Tips Mastering Professional Web Design
Zeembry, Dian Martin, Tim Baba Studio
Logika Matematika untuk Ilmu Komputer
Logika Matematika untuk Ilmu Komputer
Djoni Dwijono
Panduan Aplikatif & Solusi: Aplikasi Cerdas Menggunakan Delphi
Panduan Aplikatif & Solusi: Aplikasi Cerdas Menggunakan Delphi
Wahana Komputer
Aplikasi-aplikasi Praktis Visual Basic
Aplikasi-aplikasi Praktis Visual Basic
Herry Raditya Wibowo , Jubilee Enterprise
Membuat Aplikasi untuk Windows Phone
Membuat Aplikasi untuk Windows Phone
Puja Pramudya
Seri Panduan Pemrograman: Database Visual Basic 6.0 Dengan Crystal Report
Seri Panduan Pemrograman: Database Visual Basic 6.0 Dengan Crystal Report
MADCOMS
(Kembali Ke Atas)
Cara Pembelian      Ketentuan Pembelian      Pusat Bantuan
Program Afiliasi      Karir
Copyright ©2008 - 2014 belbuk.com
Toko Buku Online
Jl. Matraman Raya No. 66, Jakarta Timur 13150
Tlp. 021-85910810 (Senin s/d Jumat Pkl 09.00-18.00 WIB)