Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Media & Komunikasi

Komunikasi Profetik: Konsep dan Pendekaan

Berat 0.29
Tahun 2007
ISBN 9793782358
Penerbit Simbiosa Rekatama Media
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Lexy J. Moleong
Rp100.000

Sinopsis

Komunikasi profetik merupakan istilah baru dalam khazanah ilmu komunikasi, yang mengacu pada pola komunikasi kenabian Rasulullah Muhammad saw yang sarat dengan kandungan nilai dan etika. Komunikasi profetik merupakan kerangka baru praktik ilmu komunikasi dalam perspektif Islam yang terintegrasi-interkoneksi dengan kajian ilmu komunikasi yang sudah berkembang sebelumnya.

Pilar ilmu sosial profetik ada tiga, yaitu humanisasi (amar ma’ruf), liberasi (nahi munkar), dan transendensi (tu’minu billah). Dalam buku ini diuraikan komunikasi dalam perspektif Islam, yang menekankan pentingnya komunikasi yang memanusiakan manusia (humanisasi), membebaskan (liberasi), dan selalu berorientasi kepada Tuhan (transendensi) melalui integrasi- interkonesi kajian ilmu komunikasi.

Dipaparkan juga perkembangan ilmu komunikasi dalam perspektif historis dengan menggunakan berbagai pendekatan, termasuk sejarah perkembangan komunikasi di Indonesia; relasi antara ilmu, agama, dan media; pengertian keilmuan teoantroposentris sebagai metode keilmuan dan membincangkan teori kritis dalam konteks industri televisi; konseptualisasi komunikasi profetik; public sphere dan komunikasi profetik; serta dakwah dalam wacana komunikasi profetik.

Buku ini merupakan hasil perenungan dan pengalaman penulisnya, mantan praktisi industri media, yang kemudian disusun di atas berbagai telaah teori yang mendukung. Ditulis dengan gaya penuturan yang lugas dan sederhana. Karena itu, buku ini akan sangat membantu mahasiswa dan dosen ilmu komunikasi yang selalu mengikuti perkembangan ilmu komunikasi, serta praktisi atau pihak-pihak yang berminat mempelajari studi ilmu sosial atau studi komunikasi.

1. ILMU KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF HISTORIS
2. KONEKSITAS ILMU, AGAMA, DAN MEDIA
3. INDUSTRI TELEVISI DALAM PERSPEKTIF TEORI KRITIS TEOANTROPOSENTRIS
4. KONSEPTUALISASI KOMUNIKASI PROFETIK
5. PUBLIC SPHERE DAN KOMUNIKASI PROFETIK
6. DAKWAH DALAM WACANA KOMUNIKASI PROFETIK
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)