Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Pemerintahan

Komunikasi Politik: Teori, Aplikasi dan Strategi di Indonesia

Berat 0.43
Tahun 2013
ISBN 9786027636354
Penerbit Mata Padi Pressindo
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Dasar-Dasar Logika
Surajiyo
Rp51.000
Ekonomi Politik: Mencakup Berbagai Teori dan Konsep yang Komprehensif
Deliarnov
Rp186.000
Kepemimpinan Dalam Organisasi (Edisi 7)
Gary Yukl
Rp155.000
Metodologi Ilmu Pemerintahan
Taliziduhu Ndraha
Rp40.000
Lainnya+   

Sinopsis

Dewasa ini, terma komunikasi politik telah menjadi istilah yang merujuk pada sebuah korpus keilmuan dan praktek. Sebagai sebuah korpus keilmuan, komunikasi politik terdiri atas seperangkat teori, wacana, metode, dan berbagai kaidah seperti yang lazim terdapat dalam korpus keilmuan lain.

Sementara itu, sebagai sebuah praktek, komunikasi politik merupakan praktek yang tidak bisa dielakkan dalam kehidupan politik modern seperti sekarang ini. Partai-partai politik, para politisi, dan pemerintah suatu negara merupakan kelompok yang paling sering melakukan praktek komunikasi politik.

Dalam konteks yang luas, praktek komunikasi politik juga dilakukan oleh lembaga-lembaga non pemerintah, LSM, bahkan kelompok-kelompok radikal. Ringkasnya, ketika banyak elemen masyarakat ingin mengemukakan pandangan-pandangan potitik dan ideologinya, aktivitas komunikasi politik akan semakin sering dilakukan.

Dalam konteks Indonesia, praktek komunikasi politik menjadi semakin massif terutama sejak Era Reformasi. Runtuhnya Orde Baru yang otoriter, terbukanya saluran aspirasi politik masyarakat, dan menguatnya peran media dalam kehidupan masyarakat Indonesia, merupakan faktor yang menyuburkan praktek komunikasi politik di negara ini. Saat ini, komunikasi politik merupakan sebuah kelaziman dalam aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia.

Buku ini membahas komunikasi politik dalam kedua termanya, baik sebagai sebuah korpus keilmuan maupun praktek riil, terutama yang terjadi di Indonesia. Dengan menelusuri praktek komunikasi politik di Indonesia dari masa ke masa, mulai Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi, buku ini menelaah perkembangan, fenomena, dan kecenderungan terbaru praktek-praktek komunikasi politik di Indonesia.

Sementara itu, kajian mengenai bentuk-bentuk media paling mutakhir yang digunakan dalam proses komunikasi politik seperti jejaring sosial internet juga dieksplorasi dalam buku. Keberhasilan Obama dalam menggunakan jejaring sosial dalam kampanyenya, tak pelak menciptakan perubahan besar dalam praktek komunikasi politik di banyak tempat. Dengan perpaduan semacam itu, buku ini layak dijadikan sebagai rujukan teoritis sekaligus praktis bagi banyak kalangan yang herminat terhadap soal-soal politik, terutama dalam praktek komunikasi politik.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)