Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pertanian & Lingkungan Hidup    Pertanian

Kiat Sukses Budi Daya Rumput Laut di Laut dan di Tambak

Berat 0.15
Tahun 2011
Halaman 140
ISBN 9789792924060
Penerbit Andi
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp26.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Produktivitas Perairan
Asriyana
Rp114.000
Politik Hukum Kelautan & Perikanan: Isu, Permasalahan, dan Telaah Kritis Kebijakan
Akhmad Solihin
Rp45.000
Pengantar Ilmu Kelautan (Edisi 2)
M.S. Wibisono
Rp50.000
Kecerdasan Komunikasi: Seni Berkomunikasi Kepada Publik
Idi Subandy Ibrahim
Rp35.000
Lainnya+   

Sinopsis

Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan dalam sektor perikanan, karena permintaan yang terus meningkat baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun untuk ekspor. Negara-negara tujuan ekspor rumput laut laut Indonesia antara lain Jepang, Hongkong, RRC, Filipina, Australia, Amerika, Perancis, Jerman, Cili, Spanyol, Inggris Raya, dan lain-lain.


Di samping potensi lahan yang luas, kebutuhan rumput laut yang terus menunjukkan peningkatan, baik pasar domestik maupun pasar dunia, merupakan prospek bagi pengembangan rumput laut di Indonesia.  Kebutuhan rumput laut diperkirakan terus meningkat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk konsumsi langsung maupun industri (makanan, farmasi, kosmetik dan lain-lain). Indonesia merupakan produsen terbesar agar-agar yang merupakan olahan dari rumput laut genus Gracilaria, Gelidium, Pterocladia, Acanthopeltis, dan Ceramium. Untuk karaginan juga telah dikembangkan di beberapa daerah.


Budi daya rumput laut di Indonesia telah berkembang cukup pesat terutama di daerah pasang surut.  Metode budi daya yang diterapkan adalah tebar dasar, lepas dasar, rakit dan tali gantung. Selain di daerah pasang surut, budi daya rumput laut juga dapat dilakukan di tambak dengan cara tebar dasar. Budi daya rumput laut di tambak dapat dilakukan secara monokultur maupun polikultur dengan komoditas lain.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)