Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sejarah, Budaya & Filsafat    Budaya

Kamus Batak Toba - Indonesia: Kosa kata, Istilah-istilah Adat, Ungkapan, Tamsil dan Peribahasa

Berat 0.49
Tahun 2008
Halaman 414
Penerbit Dian Utama
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp80.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Umpasa, Umpama, dan Ungkapan Dalam Bahasa Batak Toba
Richard Sinaga
Rp50.000
Silsilah Marga-Marga Batak
Richard Sinaga
Rp120.000
Jambar Hata: Dongan Tu Ulaon Adat
T.M. Sihombing
Rp75.000
Perkawinan Adat Dalihan Natolu
Richard Sinaga
Rp55.000
Lainnya+   

Sinopsis

Penyusun kamus ini sadar bahwa dengan bahasa batak kita tidak akan dapat meraih teknologi canggih sesuai dengan tuntutan zaman sekarang. Bahkan dengan bahasa Indonesia, hal itu tidak akan mungkin kita raih kalau kosa kata bahasa Indonesia tidak diperkaya dengan kosa kata dari bahasa sumber teknologi canggih itu. Tetapi apabila kita berpikir mengenai kepribadian bangsa terutama mengenai tatakrama bermasyarakat dan pembauran suku-suku bangsa menjadi bangsa Indonesia yang utuh, bahasa suku-suku bangsa itu rasanya perlu dilestarikan dan diangkat kepermukaan agar bahasa suku bangsa itu dapat mewarnai kosa kata bahasa Indonesia.

Suku bangsa A akan dapat mengenal kepribadian suku bangsa B melalui kosa kata bahasanya, Suku bangsa B dapat mengenal kepribadian suku bangsa C melalui kosa kata bahasanya, demikianlah sebaliknya. Maka dengan saling mengenal dan saling mengamati itu, diharapkan tumbuhnya pembauran antar suku bangsa dan sekaligus akan menumbuhkan kepribadian bangsa Indonesia.

Adat adalah merupakan salah satu kepribadian suku bangsa. Apabila adat kebiasaan sesuatu suku bangsa itu perlu dilestarikan maka bahasa yang menjadi sarana adat itupun sebaiknya dilestarikan. Apabila generasi muda merasa adat kebiasaan itu tidak mendukung hidupnya, karena tidak lagi relevan, mereka boleh saja meninggalkan asal atas kesadaran. Tetapi mereka meninggalkannya hanya karena tidak mengenalnya, itu sudah tergolong tercabut akar. Tentu hal seperti itu tidak kita inginkan, dan merupakan kesalahan generasi sebelumnya.

Untuk itulah Kamus Bahasa Batak Toba - Indonesia. yang berisi kosa kata, isitilah-istilah adat, ungkapan, dan peribahasa batak toba ini; kami susun untuk beberapa kemungkinan kegunaan. Orang-orang batak toba yang berbahasa pertamanya bahasa Batak Toba dan sehari-hari dominan berbahasa Batak Toba, dengan kamus ini akan dapat membantu mengenal kosa kata bahasa Indonesia sebagai pengganti kosa kata bahasa Batak Toba yang dikuasainya. Orang-orang batak Toba yang bahasa pertamanya bahasa Indonesia atau bahasa lain diluar bahasa batak Toba, akan dapat terbantu menambah kosa kata bahasa Bataknya dan sekaligus dapat mengetahui bagaimana kata-kata bahasa batak Toba ini ditulis dan dilafalkan.

Menantu laki-laki atau menantu perempuan yang masuk dalam lingkungan keluaraga Batak Toba, bila ada keinginan bermasyarakat atau bergaul dengan akrab dengan keluarga berbahasa Batak Toba. Kamus ini diharapkan dapat menolongnya. Demikian juga ama-ama junior atau ama-ama parsiajar yang lahir dan berdomisili di perserakan, apabila akan terlibat dalam satu acara adat batak Toba, buku kamus ini dapat memberi petunjuk melalui istilah adat dan ungkapan yang disajikan dalam buku ini.

Dengan kehadiran buku kamus ini, diharapkan generasi muda atau generasi penerus dapat lebih mudah mengenal kepribadian dan jalan pikiran nenek moyangnya. Apabila mereka dengan sadar tidak lagi memerlukannya, karena menurut pikirannya tidak lagi relevan dengan kehidupannya, itu adalah hak mereka. Tetapi kita generasi sebelum mereka jangan sampai tidak mengenalkan milik nenek moyang itu untuk mereka secara tertulis agar ada tempat mereka bertanya. Asa adong sisigaton ni angka pinomparta diari sogot.

Sumber : Kata Pengantar buku Kamus Bahasa Batak Toba - Indonesia
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Adil Fred Hasiholan PakpahanAdil Fred Hasiholan Pakpahan, 09 October, 2009
Rating: 3 dari 5 Bintang!
Richard Sinaga Kamus Batak Toba - Indonesia: Kosa kata, Istilah-istilah Adat, Ungkapan, Tamsil dan Peribahasa

Saya kira di dlmnya ada "Istilah-istilah Adat, Ungkapan, Tamsil dan Peribahasa", seperti tertulis di web anda.
1 dari 3 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Natan Setiawan GultomNatan Setiawan Gultom, 11 September, 2009
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Buku atau kamus ini memperjelas bahasa Batak Toba secara jelas dan luas. Secara pribadi, kamus ini juga berfungsi sebagai sebuah tesaurus yang sangat memperkaya kosa kata yang mungkin kita semua jarang mendengar atau gunakan dalam percakapan bahasa Batak sehari-hari. Kita juga dibuka wawasan akan istilah adat atau peribahasa yang sangat asing didengar oleh telinga generasi Batak berikutnya. Bagi yang mencintai bahasa Batak Toba, kamus ini adalah standar dasar kita belajar kosa kata dan bahasa Batak Toba.
4 dari 4 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)