Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pendidikan & Keguruan    Pendidikan

Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner: Normatif Perenialis, Sejarah, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Manajemen, Teknologi, Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum

Berat 0.50
Tahun 2009
Halaman 422
Ukuran 13.5 x 20.5
ISBN 9789797692230
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp127.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Sejarah Pendidikan Indonesia
S. Nasution
Rp62.000
Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif
Udin Syaefudin Sa'ud, Abi..
Rp63.000

Sinopsis

Hingga saat ini, mutu pendidikan Islam masih jauh tertinggal dibandingkan dengan mutu pendidikan secara umum. Hal ini terjadi antara lain, karena pelaksanaan pendidikan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga pendidikan Islam, belum dilakukan secara terencana dan terkonsepkan. Visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, kualifikasi guru, kriteria calon siswa, mutu lulusan, standar sarana prasarana, biaya, lingkungan, dan evaluasi tidak dirumuskan berdasarkan sebuah teori yang matang.

Di sisi lain, Pendidikan Islam sendiri memiliki kaitan yang erat dengan berbagai yang disiplin ilmu, misalnya: visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam erat kaitannya dengan filsafat ; metodologi pengajarannya erat kaitannya dengan psikologi dan kebudayaan, kurikulumnya erat dengan filsafat dan iptek; aspek pengelolaannya erat kaitannya dengan ilmu manajemen; aspek sarana-prasarana dan pembiayaannya erat kaitannya dengan ilmu ekonomi dan politik; aspek hubungan antara pendidik dan peserta erat kaitannya dengan ilmu sosiologi dan psikologi; ... dan sterusnya.

Dengan menghadirkan pendekatan multidisipliner atas Pendidikan Islam, buku ini mengajak para pihak yang berkompeten dalam Pendidikan Islam untuk memahami berbagai konsep yang terdapat dalam berbagai ilmu tersebut yang selanjutnya diterapkan dalam memahami Ilmu Pendidikan Islam sehingga dapat dilaksanakan pada tataran praktisi secara utuh, integral, dan holistik.

Adanya hubungan ilmu pendidikan Islam dengan disiplin ilmu lainnya yang demikian luas, mengharuskan setiap pakar yang membidangi ilmu pendidikan Islam, agar terus melengkapi dan mengembangkan wawasannya dengan berbagai bidang ilmu. Dengan demikian, mereka akan senantiasa dapat terus mengembangkan ilmu pendidikan Islam tersebut.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

Bab 1 Pendahuluan

Bab 2 Pengertian, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam

Bab 3 Dasar-Dasar Dan Asas-Asas Ilmu Pendidikan Islam

Bab 4 Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Normatif Perenialis

Bab 5 Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Sejarah

Bab 6 Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Filsafat

Bab 7 Ilmu Pendidikan
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

RASYIDIRASYIDI, 19 March, 2010
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Bagus, Karena saya sedang mengasuh Mata Kuliah IPI ini.
0 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)