Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Hukum    Hukum Bisnis

Hukum Merek (Trademark Law): Dalam Era Global dan Integrasi Ekonomi

Berat 0.50
Tahun 2015
ISBN 9786021186145
Penerbit Prenada Media Group
Sinopsis   Daftar Isi    Buku Sejenis
 
Harga: Rp122.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Seri Hukum Kekayaan Intelektual: Hukum Paten
Endang Purwaningsih
Rp58.000
Aspek Hukum Hak Kekayaan Intelektual (Edisi Revisi)
H. OK. Saidin
Rp298.000
Prinsip-Prinsip Beracara dalam Penegakan Hukum Paten di Indonesia Dikaitkan Dengan TRIPs - WTO
Marni Emmy Mustafa
Rp120.000
Pengantar Hukum Paten Indonesia
Rani Nuradi, Dian Nurfitr..
Rp50.000
Lainnya+   

Sinopsis

Meskipun muncul berbagai pro dan kontra terhadap TRIPs Agreement, namun harus diakui bahwa kesepakatan WTO yang diikuti Indonesia sejak dua dasawarsa—melalui UU No. 7/1994—ini merupakan persetujuan yang paling komprehensif terkait perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, termasuk dalam hal perlindungan merek sebagai bagian dari Industrial Property Rights.

Sejak disepakatinya komitmen global terhadap perlindungan Hak Kekayaan Intelektual tersebut, berbagai delik hukum—Hukum Merek—yang berkaitan dengan perlindungan merek mengalami perubahan yang signifikan. Referensi mengenai Hukum Merek ini mengkaji dan menganalisis berbagai pengembangan, perbaikan, dan pengayaan, baik dari segi teori maupun praktik hukum, termasuk munculnya berbagai kasus perlindungan merek.

Bagian terpenting dari substansi isi buku tentang Hukum Merek ini, membahas antara lain: (1) Sejarah perkembangan dan konsepsi dasar merek; (2) Hukum nasional dan instrumen hukum internasional; (3) Elemen tanda dan teori daya pembeda (distinctiveness); (4) Tanda pembeda inheren: eligible sebagai merek dan perlindungan hukum; (5) Tanda secondary meaning: eligible untuk merek dan perlindungan hukum; (6) Tanda tanpa daya pembeda (in capable of becoming distinctive): tidak pernah elijibel sebagai merek dan perlindungan hukum; (7) Merek yang tidak dapat dirasa indriawi dan merek 3D; (8) Alasan absolut (absolute grounds) tidak diterimanya pendaftaran merek; (9) Alasan relatif (relative grounds) ditolaknya pendaftaran merek; (10) Elemen penggunaan merek menurut hukum; (11) Persyaratan formal dan substantif (substantive and formal requirements) pendaftaran merek; (12) Permohonan pendaftaran merek; (13) Hak prioritas; (14) Permohonan banding; (15) Persamaan secara keseluruhan (merek identik); (16) Persamaan pada pokoknya; (17) Jangka waktu perlindungan dan perpanjangan merek terdaftar; (18) Hak eksklusif dan eksploitasi merek; (19) Aturan exhaustion right dan first sale dalam merek; (20) Impor paralel (parallel import); (21) Merek senior (senior marks); (22) Merek terkenal dan aturan dilution; (23) Indikasi geografis; (24) Merek kolektif; (25) Pembatalan merek; (26) Gugatan penghapusan merek; (27) Pelanggaran merek; (28) Upaya pemulihan; (29) Internet domain names (nama domain internet); (30) Character merchandising (pemasaran karakter); serta (31) Single market dan integrasi ekonomi.

Literatur mengenai Hukum Merek (Trademark Law) ini wajib dibaca dan dipahami oleh kalangan akademisi—mahasiswa tingkat Sarjana Hukum, Master (Magister Hukum, Magister Kenotariatan, dan Magister Hak Kekayaan Intelektual) ataupun Program Doktor Ilmu Hukum dengan minat kekhususan HKI. Buku teks yang disarankan untuk mahasiswa studi Manajemen Pemasaran, Ekonomi Pembangunan, Sumber Daya Manusia, dan Ekonomi Syariah. Juga dianjurkan bagi kalangan praktisi hukum (hakim, jaksa, advokat/pengacara, konsultan hukum, dan pegiat LSM (advokasi hukum), serta masyarakat awam yang ingin memahami seluk-beluk Hukum Merek.
(Kembali Ke Atas)

Daftar Isi

BAB 1 SEJARAH PERKEMBANGAN DAN KONSEP DASAR MEREK

BAB 2 HUKUM NASIONAL DAN INSTRUMEN HUKUM INTERNASIONAL

BAB 3 ELEMEN TANDA DAN TEORI DAYA PEMBEDA (DISTINCTIVENESS)

BAB 4 TANDA PEMBEDA INHEREN : ELIJIBEL UNTUK MEREK DAN PERLINDUNGAN HUKUM

BAB 5 TANDA SECONDARY MEANING : ELIJIBEL UNUTK MEREK DAN PERLINDUNGAN HUKUM

BAB 6 TANDA TANPA DAYA PEMBEDA
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Astrid AthinaAstrid Athina, 02 December, 2018
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku ini sangat bagus dan banyak membantu saya dalam penyusunan skripsi. Konten dari buku ini cukup lengkap. Buku ini juga memberikan paparan teori sekaligus kasus-kasus yang menyangkut sengketa merek di Indonesia maupun luar negeri. Recommended!
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
RachmadiRachmadi, 24 April, 2018
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku ini sangat bagus dimiliki, lengkap menjabarkan prinsip, norma dan aturan hukum merek sebagai bagian kekayaan intelektual. Materi disusun dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami berdasarkan konvensi dan perundang-undangan nasional. Sangat penting jika buku ini tdk hanya dibaca kalangan akademik dan praktisi hukum, melainkan juga bagi kalangan dunia industri kreatif untuk memahami legislasi dan regulas merek.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
YuristiaYuristia, 17 April, 2016
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Sesuaiiiii pesanan
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)