Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bahasa & Kamus    Bahasa

Gara-Gara Alat Vital dan Kancing Gigi

Berat 0.44
Tahun 2014
Halaman 194
ISBN 9786020300863
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?

Sinopsis

Wacana bahasa kita sangat dipengaruhi oleh bahasa Belanda dan Inggris. Hal ini memunculkan beragam kerancuan yang menggelikan akibat pencampur-adukan pemakaian kedua bahasa tersebut, misalnya spatbord ditulis jadi spack board, sluier jadi slayer, behandeld jadi behandle.

Penyerapan dan pemakaian bahasa Inggris oleh media pun sering kali rancu sehingga mengundang tawa pembaca. Sementara itu juga ditemukan beragam kelirumologi dalam bahasa Indonesia dan kelatahan dalam memakai bahasa “intelek”, seperti lokalisasi, sterilisasi, sosialisasi, normalisasi, dan kriminalisasi, yang tidak pas. Bisa jadi ini disebabkan oleh kecenderungan orang Indonesia memakai istilah bahasa Inggris demi menaikkan gengsi.

Bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia yang serumpun ternyata memiliki perbedaan cukup mencolok untuk mengacu pada benda yang sama, sehingga menimbulkan kelucuan yang tak dinyana-nyana. Misalnya istilah otopsi dalam bahasa Indonesia disebut dengan bedah siasat dalam bahasa Malaysia, dan sebagainya.

Buku ini mengajak Anda berwisata bahasa mulai dari asal usul terbitnya suatu istilah seperti toko kelontong, tukar guling, odol, opelet, dan kongkalikong, sampai ke pengaruh bahasa Belanda dalam wacana bahasa Indonesia, penyerapan bahasa Inggris yang rancu dan lucu, pembandingan bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia yang menimbulkan salah sangka yang kocak, serta beragam kelirumologi dalam bahasa Indonesia. Semua itu ditulis dengan gaya bahasa yang ringan, renyah, humoris, namun cerdas.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)