Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Sosial & Politik    Politik

Ekonomi Pertahanan: Teori & Praktik

Berat 0.85
Tahun 2014
Halaman 832
ISBN 9786020309989
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
1

Sinopsis

Ditulis sebagai referensi penting bagi siapa saja yang ingin membaca, mengenal, dan mendalami ilmu Ekonomi Pertahanan, buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa, akademisi, praktisi, perencana, dan pengambil keputusan untuk lebih memahami fenomena pertahanan, khususnya yang terkait dengan aspek ekonomi. Tidak hanya itu, buku ini juga menampilkan situasi perkembangan bidang pertahanan dalam konteks global, regional, maupun nasional dengan menggunakan pendekatan ilmu ekonomi.

Secara ringkas, buku ini terbagi dalam delapan bab:

- Bab I menjelaskan pengertian dasar ekonomi pertahanan yang diuraikan dari pertahanan sebagai ilmu terapan dan ekonomi sebagai ilmu dasar.

- Bab II membahas optimisasi dalam ekonomi pertahanan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dimulai dengan prinsip manajemen operasi dan pendekatan modeling.

- Bab III membahas industri pertahanan dan perannya dalam mendukung Bangkuathan suatu negara, dengan contoh kasus perkembangan industri pertahanan dari berbagai negara serta studi di Indonesia.

- Bab IV menjelaskan tentang kebijakan dan strategi pertahanan yang meliputi militer dan nonmiliter, konsep dasar perencanaan dan formulasi kebijakan pertahanan dengan cara deduktif maupun induktif.

- Bab V menguraikan kerja sama internasional, baik dalam kerangka global, regional, maupun nasional, yang mencakup masalah keseimbangan kerja sama antara pertahanan keamanan dan ekonomi sosial.

- Bab VI membahas konflik yang saat ini menjadi ancaman nyata bagi bangsa-bangsa di dunia.

- Bab VII mengulas tentang perdagangan persenjataan dan alutsista yang menyangkut ekspor dan impor, serta implikasinya terhadap neraca pembayaran suatu negara dan cadangan internasional (devisa).

- Bab VIII membahas mengenai pengadaan dan pembiayaan persenjataan dan alutsista, yang prinsip dasar pembiayaannya tidak banyak berubah dari teori dasar ilmu ekonomi.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)