Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Ekonomi

Ekonomi Perikanan: Teori, Kebijakan, dan Pengelolaan

Berat 0.32
Tahun 2010
Halaman 236
ISBN 9789792262780
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
4

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Politik Hukum Kelautan & Perikanan: Isu, Permasalahan, dan Telaah Kritis Kebijakan
Akhmad Solihin
Rp45.000
Asyiknya Mancing: Cara Ampuh Menaklukkan Ikan di Laut dan Air Tawar
Eko Budi Kuncoro, F. E Ar..
Rp100.500
Manajemen Sumber Daya Manusia
Sondang P. Siagian
Rp120.000
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum
Soerjono Soekanto
Rp31.000
Lainnya+   

Sinopsis

Republik Indonesia sesungguhnya memiliki potensi sumber daya ikan yang luar biasa besar, namun sektor perikanan belum menunjukkan giginya dalam perekonomian nasional. Salah satu penyebabnya adalah lemahnya arus informasi di bidang ini.

Ekonomi Perikanan merupakan bidang yang unik karena sifat sumber dayanya fugitive dan kompleksitas pengelolaannya menuntut kajian tersendiri. Buku ini menyajikan secara komprehensif teori ekonomi perikanan yang diperkaya dengan aspek historis dan filosofis sehingga dapat dibaca oleh kalangan luas, tidak hanya akademisi. Penulis juga memaparkan kajian kebijakan dan pengelolaan perikanan baik dalam perspektif teoretis maupun empiris dan memberikan contoh-contoh yang mudah diikuti serta bahan diskusi dan latihan untuk menstimulasi pemikiran mengenai ekonomi perikanan. Bisa dikatakan inilah buku pertama di Indonesia yang secara utuh menyajikan teori ekonomi perikanan dari dasar hingga model bioekonomi dinamik.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Ulasan

YeyenYeyen, 08 September, 2017
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Seperti buku-buku lainnya, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, M.Sc. menjelaskan secara runtut dan sistematis mengenai Konsep Ekonomi Perikanan yang ditinjau dari Aspek Teori, Kebijakan, dan Pengelolaan.

Penulis selalu mengemukakan fakta dan realita yang ada, kemudian diikuti dengan konsep modeling dan analisis modeling dengan menggunakan beberapa pendekatan model.

Di dalam buku ini, Penulis menggambarkan kondisi ekonomi perikanan secara umum, yang diikuti dengan penghitungan dan pengukuran ekonomi dengan menggunakan pendekatan model Gordon-Schaefer. Setiap Bab dijelaskan secara ringkas dengan berfokus pada penghitungan dan pengukuran, mulai dari Bab Aspek Manfaat dan Biaya dalam Perikanan, Bioekonomi Perikanan, Ekonomi Tangkap Lebih dan Kapasitas Perikanan, Regulasi dan Kebijakan Perikanan, dan 2 Bab yang membahas lebih kompleks, yaitu Bioekonomi Dinamik dan Descriptive Tools Pembangunan Perikanan. Pada setiap pembahasan selalu diikuti dengan contoh pengukuran dan penghitungan modeling secara ekonomi. Setiap akhir Bab dilengkapi dengan Review dan Pertanyaan sebagai bahan latihan dan diskusi.

Sayangnya, Penulis tidak menyertakan pembahasan lebih lanjut mengenai Regulasi dan konsep Kebijakan yang bisa diterapkan di Indonesia berdasarkan Konsep yang telah banyak dijabarkan oleh Penulis mengenai penerapan di luar negeri.

Buku ini kiranya akan lebih dapat memberikan panduan apabila dilengkapi dengan beberapa contoh kongkrit terhadap permasalahan ekonomi perikanan di Indonesia yang disertai dengan analisis dan pendekatan modeling sebagai pemecahan masalah kemudian diikuti dengan solusi regulasi dan opsi kebijakan yang bisa diterapkan di Indonesia, sebagaimana Penulis contohkan pada beberapa model di luar negeri.

Tentunya buku ini sangat cocok bagi mahasiswa sarjana dan pasca sarjana sebagai bahan pegangan untuk melengkapi keilmuan mengenai ekonomi perikanan, terutama bagi yang mendalami model dinamik (dinamika ekonomi).
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Yuraeka DewiYuraeka Dewi, 25 December, 2015
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Buku yang diterima kualitasnya terjaga dan bagus.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)