Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Ekonomi

Dimensi Ekonomi Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi

Berat 0.27
Tahun 2012
Halaman 240
ISBN 9780131720
Penerbit Raih Asa Sukses (RAS)
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp38.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Moralitas, Budaya dan Kepatuhan Pajak
Widi Widodo
Rp48.000
Sang Maestro Toeri-teori Ekonomi Modern
Mark Skousen
Rp135.000
Kejahatan di Bidang Perpajakan
Muhammad Djafar Saidi
Rp75.000
Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia
H.A.S. Moenir
Rp71.500
Lainnya+   

Sinopsis

Bagi pejabat pengambil kebijakan, pelaksana undang-undang perpajakan, para wajib pajak sebagai pembayar pajak dan pengamat serta cendikiawan, betapa buku ini sangat bermanfaat untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan pajak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Prof. Dr. Gunadi., MSc., Ak, Guru Besar FISIP Universitas Indonesia.

Buku ini cukup mencerahkan bagi peminat pengetahuan perpajakan. Menawarkan panduan yang bijak, sensitif, dan pantas untuk menjadi buku referensi yang mampu menginspirasi bagi pembacanya. Pesannya sangat tepat didasarkan teori, kajian empirik yang dalam, dan karenanya layak menjadi perhatian besar. Prof. Dr. John Hutagaol, SE., Ak., M.Acc., MEc (Hons) Guru Besar Ilmu Perpajakan, Tenaga Pengkaji Bidang Pelayanan Kantor Pusat DJP

‘Menarik dan padat’ mungkin itulah kesan saya setelah membaca buku ini. Kiranya buku ini sangat membantu siapa saja dalam memahami perpajakan. Kebijakan fiskal yang diambil haruslah dilandasi suatu pemahaman akademik yang cukup sehingga keputusan yang diambil cukup bijaksana. Sukiatto Oyong, SE., Ak., Msi., BKP, Ketua Umum Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI)

Bagi mahasiswa yang memilih peminatan konsentrasi perpajakan (fiscal), tentu membutuhkan buku representatif yang memuat aspek perpajakan lengkap, terlebih ketika memulai melakukan penulisan atau penelitian. Buku ini menjawab kekosongan literatur teori ekonomi perpajakan yang masih perlu terus dikembangkan. Momoy Asih Pujaningrum, SE, Ak, mahasiswa S2 Magister Akuntansi di Bandung
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

M. Farouq S. AMd.SE.SH.SHI.BKPM. Farouq S. AMd.SE.SH.SHI.BKP, 21 September, 2017
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Peraturan perundang-undangan perpajakan mempunyai sifat dinamis dan progresif nampak dari substansi hukumnya, dimana unsur pajak itu terkait langsung dengan kompleksitas eksistensi hukum dalam hubungannya dengan ekonomi dan bisnis serta pembangunan ekonomi yang cenderung berjalan cepat (dinamis) sehingga memerlukan pendekatan hukum yang progesif dalam rangka menciptakan system ekonomi sebagai tatatan social yang mandiri dan adil harus didukung oleh hukum yang berwatak progresif. Kebutuhan hal ini dikarenakan mengingat aspek perpajakan dalam perekonomian memiliki dimensi yang luas, salah satunya adalah untuk efisiensi ekonomis atas pengenaan pajak. Pajak dapat mengurangi kesejahteraan konsumen baik secara langsung melalui pengalihan sumber daya dari rakyat ke negara yang mengakibatkan direct income effect maupun secara tidak langsung melalui peningkatan harga atas barang/komoditi yang dikenakan pajak yang mengakibatkan substitution effect mengikuti perubahan harga yang terjadi.
Ulasan dalam buku ini bersifat aplikatif dan systematic dengan dilengkapi berbagai hasil kajian/penelitian di berbagai negara menyangkut dimensi ekonomi perpajakan dalam pembangungan ekonomi suatu negara. Dalam konteks ini, dijelaskan kebutuhan dan dampak dari adanya pengenaan pajak dalam ekonomi makro; mengukur efisiensi terkait dengan perimbangan keuangan serta implikasinya terhadap penerimaan/pengeluaran pemerintah di satu sisi dengan tingkat kesadaran dan kepatuhan warga dalam membayar pajak serta pengaruhnya tujuan negara dalam mewujudkan kesejahteraan hidup bersama.
Dalam konteks ini pula, kita diberi penjelasan penyeimbang akan pentingnya kebijakan fiskal. Karena bagaimanapun juga, Pajak merupakan beban yang bersifat mengurangi pendapatan individu, daya beli seseorang, kesejahteraan individu, serta mengubah pola hidup dan pola konsumsi individu. Sedangkan dari sisi ekonomi makro, pajak merupakan pendapatan bagi pemerintah (penerimaan negara) tanpa menimbulkan kewajiban negara untuk memberikan kontra-prestasi langsung kepada WP yang bersangkutan secara individual dan hasil pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran umum dan rutin demi kelangsungan negara. Uang pajak yang diterima Pemerintah dikeluarkan lagi ke masyarakat untuk membiayai kepentingan umum masyarakat, sehingga berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi makro. Pajak dapat mempengaruhi harga, kondisi dan stabilitas pasar, tingkat upah dan penyerapan tenaga kerja dan seterusnya yang menggambarkan bahwa pada intinya pengeluaran pemerintah kepada masyarakat mempunyai dampak multiplier ekonomis yang sangat besar, sehingga dalam pengelolaannya memerlukan pengetahuan ilmu ekonomi. Pajak yang dimaksud adalah semua jenis pajak baik pajak langsung maupun tidak langsung, pajak pusat maupun daerah, termasuk bea masuk dan cukai dipungut oleh Negara melalui pejabat yang berwenang baik pemerintah pusat maupun daerah, yang diatur dalam peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Sinta LestariSinta Lestari, 25 March, 2017
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Terimakasih, bukunya sudah sampai 🙂
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
wan nova yanawan nova yana, 10 March, 2015
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Makasi belbuk.com sudah membantu saya. Bukunya sudah ditangan saya. Dan buku ini sangat penting bagi saya untuk proses skripsi saya. Sekali lagi makasi belbuk.com
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
Tambahkan Ulasan
3 dari 4 ulasan.  
Ulasan Lainnya »
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)