Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Ekonomi

Bung Hatta dan Ekonomi Islam: Menangkap Makna Maqashid al Syari'ah

Berat 0.45
Tahun 2010
Penerbit Buku Kompas
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
1

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syariah
Mardani
Rp90.000
Ekonomi Makro Islami (Edisi 3)
Adiwarman Azwar Karim
Rp89.000
Ekonomi Mikro Islami (Edisi 5)
Adiwarman Azwar Karim
Rp99.000
Teori Hukum Ekonomi Syariah
Cholil Nafis
Rp60.000
Lainnya+   

Sinopsis

Arah pemikiran Hatta adalah, bagaimana menegakkan dan menciptakan suatu masyarakat yang baik dan sejahtera. Untuk mencapai hal itu, setidaknya ada dua syarat yang harus dipenuhi: Pertama, harus ada jiwa dan semangat tolong-menolong antarwarga masyarakat. Kedua, negara (politik) harus bersifat aktif dan tidak hanya menyerahkan sepenuhnya persoalan ekonomi kepada mekanisme pasar, yaitu swasta dan koperasi. Kondisi ini diharapkan bisa menciptakan efisiensi yang tinggi sehingga mampu mengantarkan masyarakat ke tingkat kesejahteraan yang diharapkan.
Buku ini mengupas pandangan-pandangan Bung Hatta dalam bidang ekonomi, yang menurut penulis sangat sejalan dengan maqâshid al syarî’ah atau tujuan dari ajaran Islam. Inilah yang membuat gagasan Bung Hatta unik dan menarik untuk dielaborasi.
Sejauh manakah kesesuaian antara pandangan ekonomi Hatta dengan pandangan ekonomi Islam? Apakah ada gagasan-gagasan baru yang dikembangkannya? Apakah pandangan Hatta bisa dilihat sebagai salah satu varian dari pemikiran ekonomi Islam yang dapat dijadikan instrumen bagi pemecahan persoalan-persoalan ekonomi yang dihadapi sebagian besar negara di dunia saat ini? Semua pertanyaan ini dijawab tuntas Dr. Anwar Abbas dalam bukunya ini.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)