Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Buku Rohani Kristen    Kristen Umum

Buku Pintar Pekerja Sosial (Jilid 1)

Berat 0.43
Tahun 2008
Halaman 542
Ukuran 21 X 14.5
Penerbit BPK Gunung Mulia
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
3

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan
Hamzah B. Uno
Rp48.000
Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik
Suharsimi Arikunto
Rp110.000
Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar
Sardiman A.M.
Rp62.000
Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya
Arief Sardiman
Rp98.000
Lainnya+   

Sinopsis

Buku ini terdiri 5 bagian. Bagian I (Konteks Praktis Pekerjaan Sosial) yang terdiri dari 6 bab. Inti dari Bagian ini adalah uraian atas beberapa pokok mendasar dari profesi dan konteks pekerjaan sosial ini, seperti pentingnya menyimpan catatan, teknik/praktis supervisi, kerja sama tim, dan sebagainya.

Bagian II (Asesmen dalam Praktik Pekerjaan Sosial: Pengetahuan dan Keterampilan) secara khusus membahas hakikat, teknik dan praktik asesmen – secara mudah dapat diindonesiakan menjadi “penilaian mendalam” – dalam bidang ini. Pembaca diajak untuk menjelajahi topik-topik terkait asesmen dalam 4 bab.

Bagian III (Penerapan Pendekatan Penanganan dalam Pekerjaan Sosial Klinis) boleh dibilang merupakan semacam “daging” dari buku ini, karena berbagai teknik penanganan klien dalam bidang ini dibeberakan secara mendalam. Bab 12, misalnya, menjelaskan dasar-dasar penanganan singkat (baik prinsip maupun praktiknya) terhadap klien. Sementara itu, bab-bab lain menguraikan secara padat berbagai model dan teknik terapi, seperti model yang berpusat pada tugas dan terapi berfokus solusi.

Bagian IV (Panduan Manajemen Kasus) yang terdiri dari 10 bab menguraikan berbagai macam cara mengelola kasus. Di sini, pembaca melihat berbagai pola manajemen kasus dalam konteks-konteks konkret, misalnya konteks klien penyalah guna obat, konteks klien yang mengalami cacat mental, klien lanjut usia, klien yang mengalami problem medis tertentu (HIV/AIDS atau yang lain), dan sebagainya. Panduan manajemen kasus di sini cukup mewakili bidang-bidang utama dalam pekerjaan sosial.

Bagian V (Bekerja dengan Pasangan dan Keluarga) menyoroti kasus yang spesifik. Mungkin, entah karena memang demikian halnya di Amerika atau memang karena memang demikian halnya dibandingkan dengan kasus-kasus pekerjaan sosial lainnya, bidang yang terkait dengan pasangan (suami-istri) dan keluarga menjadi kasus yang paling banyak ditemui. Bagian ini memberikan berbagai contoh penanganan, contoh terapi/teknik bagi pasangan dan keluarga.

(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System

Ulasan

Iskandar, S.SosIskandar, S.Sos, 19 September, 2013
Rating: 5 dari 5 Bintang!
Tinjauan saya lebih bersifat subjektif pribadi saya bahwa buku ini merupakan sesuatu yang bagus untuk di baca khususnya bagi profesi pekerjaan sosial......saya alumni Ilmu Kesejahteraan sosial dan semasa saya kuliah dulu buku-buku tentang pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial masih jarang ada di pasaran (toko buku)................kalau sekarang buku-buku tentang pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial relatif sudah banyak.....................saya harap buku-buku seperti ini terus ada untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa ada profesi pekerja sosial yang bertugas untuk memberikan masukkan bahkan solusi bagi permasalahan masyarakat yang ada baik masyarakat secara individu,kelompok (keluarga) bahkan masyarakat itu sendiri
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)