Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pertanian & Lingkungan Hidup    Peternakan

Budidaya Bawal Air Tawar Di Kolam Terpal

Berat 0.16
Tahun 2010
Halaman 102
Ukuran 14x21
Penerbit Andi
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Stok Sedang Kosong
Stok Buku sedang kosong. Apakah Anda ingin diberitahu pada saat stok sudah tersedia?
2

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Membudidayakan Gurami Di Kolam Terpal
M. Ghufran H. Kordi K
Rp46.500
Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal
M. Ghufran H. Kordi K
Rp46.500
Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal
M. Ghufran H. Kordi K
Rp46.500
Sukses Pembenihan Dan Pembesaran Ikan Bawal Air Tawar
Budi Samadi
Rp49.000
Lainnya+   

Sinopsis

Bawal air tawar adalah salah satu ikan air tawar penting di Indonesia yang merupakan ikan introduksi yang kini banyak dibudi dayakan oleh petani ikan. ikan ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu  Pertumbuhannya relatif cepat (3-4 bulan pemeliharaan dapat mencapai ukuran konsumsi - 300-400 g/ekor); Kebutuhan protein dalam pakannya relatif rendah (Kandungan protein 25-27 % pada pakannya sudah dapat memacu pertumbuhan); Dapat bertahan pada perairan dengan kandungan oksigen minimum; Tahan terhadap serangan penyakit; dan Dapat diproduksi sebagai ikan hias, ikan konsumsi, dan ikan untuk kolam pemancingan.

Karena keunggulan inilah bawal air tawar menjadi salah satu ikan yang prospektif. Bawal air tawar dapat menjadi substitusi bawal dari laut yang selama ini dikenal sebagai salah satu ikan penting, yang dihidangkan sebagai sea food. Sebagai ikan alternatif, posisi bawal air tawar cukup strategis, karena produksi bawal laut bergantung pada musim.  Bawal air tawar dapat dipelihara di berbagai wadah budi daya yaitu di kolam air mengalir atau kolam air tenang (KAT), hampang, keramba, keramba jaring apung (KJA) kolam tadah hujan (KTH), dan kolam terpal (KT). 

Budi daya bawal air tawar di KT merupakan salah satu inovasi dalam pemanfaatan lahan kritis dan sempit.  Keunggulan kolam terpal adalah dapat diterapkan di berbagai tempat, tidak harus di lahan yang ideal sebagaimana pembangunan kolam konvesional.  KT juga mudah dibersihkan dan dipindahkan, padat penebarannya dapat ditingkatkan, sintasan atau kelangsungan hidup (survival rate) lebih tinggi, pertumbuhan ikan dapat dipacu, dan ikan hasil panen tidak berbau lumpur.  Di samping itu, secara teknis pembuatan dan pemeliharaan ikan di KT lebih mudah, serta secara finansial lebih murah.
(Kembali Ke Atas)
Advertisement:
Website Toko Online + POS (Point of Sale) System
(Kembali Ke Atas)