Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Pertanian & Lingkungan Hidup    Pertanian

Batubara Dan Gambut

Berat 0.25
Tahun 2008
ISBN 9794203599
Penerbit Gadjah Mada University Press
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp35.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Bahan Galian Industri
Sukandarrumidi
Rp50.000
Mesin Konversi Energi
Astu Pudjanarsa
Rp116.000
Perencanaan Pelabuhan
Soedjono Kramadibrata
Rp120.000
Gambut: Agroekosistem dan Transformasi Karbon
Faiz Barchia
Rp55.000
Lainnya+   

Sinopsis

Batu bara dan gambut merupakan bahan galian organik padat terdapat cukup melimpah didunia maupun di Indonesia. Sebelum perang dunia kedua meletus batu bara merupakan bahan bakar utama. Setelah perang dunia kedua selesai pera­nan batu bara tergeser oleh minyak bumi, yang pada saat itu mulai di dapatkan baik didaratan dan dilepas pantai. Keberadaan minyak yang cukup melimpah menga­kibatkan keberadaan tambang batu bara mulai dilupakan diikuti dengan terjadinya revolusi industri diciptakan mesin dengan bahan bakar minyak bumi.

Krisis minyak sebagai akibat Perang Teluk pada tahun 1979 mengakibatkan berkurangnya persediaan minyak bumi dipasaran, sedang permintaan minyak bumi sebagai bahan bakar di negara industri semakin meningkat, sehingga bahan bakar ini harganya melambung, ketergantungan industri pada salah satu bahan bakar terasa tidak menguntungkan. Hal ini mengakibatkan orang menengok lagi pada batu bara yang sudah lama ditinggalkan. Penelitian batu bara dan gambut terus dilakukan untuk melakukan diversifikasi pemanfaatannya melalui rekayasa teknologi.

Buku ini memuat 16 Bab, diawali dengan Pendahuluan yang mengantarkan pembaca mengenai peranan batu bara di Indonesia, Bab II menguraikan cara ter­bentuknya batu bara, Bab III menguraikan Sifat Umum Batu bara, Bab IV tentang Komponen Pembentuk batu bara, Bab V menguraikan Teknik Eksplorasi Batu bara, Bab VI menguraikan Teknik Eksploitasi Batu bara dan Bab VII mengenai Kualitas Batu bara. Sembilan Bab terakhir mengu­raikan kegunaan batu bara dan rekayasa teknologi dengan bahan baku batu bara dan gambut. Dengan demikian sebagai salah satu buku acuan untuk mahasiswa tetapi juga untuk umum yang ingin me­ngetahui kegunaan batu bara dan gambut.
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)