Render eksterior realistik adalah topik yang menarik dan menantang bagi sebagian besar pengguna AutoCAD dan 3ds Max yang telah terbiasa bekerja membuat desain arsitektur. Buku ini mencoba mengupas teknik membuat render eksterior realistik menggunakan AutoCAD 2012 dan 3ds Max 2012 dengan bantuan render engine VRay 2.
Dalam buku ini Anda akan mempelajari bagaimana melakukan modeling rumah 3D dalam AutoCAD 2012, kemudian mengaplikasikan material dalam 3ds Max 2012, membuat dan mengaplikasikan HDRI yang merupakan faktor penting guna membuat render eksterior nampak lebih realistik, membuat Vray Physical Camera dan VRaySun. Buku ini juga dilengkapi dengan video tutorial sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Besar harapan penulis semoga buku ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian.
BAB 1 : MEMBUAT RUMAH 3D DALAM AUTOCAD • Pendahuluan - 02 • Membuat Layer - 04 • Membuat Dinding - 06 • Membuat Lantai dan Plafond - 50 • Membuat Atap - 60 • Membuat Jendela - 82 • Membuat Profil Jendela - 101 • Membuat Pintu - 105 • Membuat Pintu Garasi - 109 • Membuat Pintu Lipat - 113 • Membuat Rumput, Carport, dan Kolam - 119
BAB 2 : APLIKASI MATERIAL DALAM 3DS MAX • Impor File AutoCAD - 130 • Mengaktifkan VRay - 131 • Aplikasi Material Dinding - 132 • Aplikasi Material Atap - 139 • Aplikasi Material Lantai - 142 • Aplikasi Material Lantai Teras Depan - 143 • Aplikasi Material Lantai Teras belakang - 144 • Aplikasi Material Pintu dan Kusen - 146 • Aplikasi Material Plafond dan Profil Jendela - 147 • Aplikasi Material Kaca - 147 • Aplikasi Material Rumput - 148 • Aplikasi Material Carport - 149 • Aplikasi Material Kolam dan Air Kolam - 150 • Impor Gazebo dan Tangga - 151 • Duplikasi Objek Rumah - 154 • Membuat Jalan - 155 • Impor Nomor Rumah - 156 • Impor Kembang - 157
BAB 3 : RENDER EKSTERIOR • Membuat Physical Camera Pertama - 159 • Membuat Cahaya VRaySun - 161 • Mengenal dan Membuat HDRI - 163 • Membuat Cahaya VRay - 165 • Koneksi HDRI dengan Environment - 167 • Setting Gamma - 168 • Setting Render dan Render Camera Pertama - 169 • Membuat Physical Camera Kedua - 172 • Impor Mobil dan Render Camera Kedua - 174