Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bahasa & Kamus    Bahasa

Asas-Asas Linguistik Umum

Berat 0.47
Tahun 2009
ISBN 9794203939
Penerbit Gadjah Mada University Press
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp85.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Dasar-Dasar Analisis Sintaksis
Jos Daniel Parera
Rp122.000
Sintaksis Bahasa Indonesia: Pedekatan Proses
Abdul Chaer
Rp67.000
Linguistik Umum (Edisi Revisi)
Abdul Chaer
Rp90.000
Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia (Edisi Revisi)
Abdul Chaer
Rp95.000
Lainnya+   

Sinopsis

Buku pegangan ini ditujukan untuk program S1 tingkat-tingkat atas dan pro­gram S2. Buku ini membahas asas-asas linguistik umum, meliputi fonetik, fono­logi, morfologi dan sintaksis. Pembahasan sintaksis mencakup sintaksis klausa, sin­taksis kalimat majemuk, dan sintaksis frasa. Dalam sintaksis klausa diuraikan konsep-konsep dasar, khususnya berbagai jenis predikat, argumen-argumen pada predikat menurut fungsi, peran dan kategorialnya; diatesis verbal dan tipologi bahasa (terutama tipologi akusatif, ergatif, dan aktif-aktif); sistem kala, aspek dan modus; dan juga susunan beruntun di dalam klausa.

Pembahasan sintaksis kalimat maje­muk meliputi berbagai tipe klausa dan tempatnya masing-masing dalam kalimat majemuk; dan perbedaan antara stuktur koordinatif dan subordinatif.

Sintaksis frasa mencakup frasa nomi­nal dan kedua bentuknya, yaitu frasa nominal yang terdiri atas nomina plus nomina, dan frasa nominal yang terdiri atas nomina diikuti atribut non-nominal; frasa adposisional, frasa ajektival, dan frasa adverbial.

Akhirnya, diuraikan berbagai pokok penting lainnya dalam penelitian lingu­istik, yaitu: sistem, struktur, dan sistema­tik; semantik, dan deiksis. Buku pegangan ini mencakup berbagai perkembangan mutakhir dalam ilmu linguistik. Pengua­saan bahan dalam buku ini memungkinkan mahasiswa mampu melakukan penelitian atas bahasa-bahasa yang belum dideskrip­sikan dan melanjutkan penelitian bahasa-bahasa yang sudah pernah dideskripsikan
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)