Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Akuntansi

Akuntansi Sektor Publik (Edisi 2)

Berat 0.50
Tahun 2010
Halaman 230
Ukuran 19x26
ISBN 9789790611139
Penerbit Salemba Empat
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp124.900
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Sinopsis

Akuntansi Sektor Publik merupakan salah satu bidang ilmu yang perkembangannya sangat pesat beberapa tahun terakhir karena didorong oleh tuntutan akuntabilitas pada organisasi-organisasi sektor publik terkait penggunaan dana masyarakat. Selain itu, dinamika regulasi juga membuat literaturnya perlu direvisi secara berkala agar isinya tetap mutakhir. Buku ini disusun sebagai revisi atas edisi pertama yang diterbitkan pada tahun 2006. Seperti edisi sebelumnya, buku ini ditujukan untuk memperkaya referensi tentang akuntansi sektor publik bagi akademisi, mahasiswa, dan praktisi di bidang yang terkait.

Buku ini terbagi dalam lima bagian besar. Bagian pertama (Bab 1 dan 2) menjelaskan tentang karakteristik organisasi sektor publik yang lengkap dan sangat bermanfaat dalam menciptakan persepsi serta pemahaman yang benar tentang organisasi sektor publik. Kemudian, bagian kedua (Bab 4 dan 5) mengajak pembaca untuk memahami anggaran di sektor publik. Bagian ini membawa kita pada pemahaman dan keterampilan untuk menyusun anggaran dengan berbagai pendekatan, seperti pendekatan tradisional, pendekatan kinerja, PPBS, dan zero based budgetting.

Bagian ketiga (Bab 6 dan 7) membahas tentang akuntansi dana dan ragam pencatatan dalam berbagai basis akuntansi dan fokus pengukuran. Selanjutnya, bagian empat (Bab 8) membahas tentang pengukuran kinerja yang merupakan salah satu topik penting mengingat pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor vital dalam kegiatan organisasi sektor publik. Bagian kelima (Bab 9 dan 10) membahas akuntansi pemerintahan yang dimaksudkan sebagai pengantar bagi pembaca yang ingin mendalami lebih lanjut mengenai akuntansi pemerintahan yang merupakan bagian dari akuntansi sektor publik.
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Yoshua Aji Satya NugrahadiYoshua Aji Satya Nugrahadi, 15 April, 2019
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Buku ini lumayanlah untuk dipahami dan mudah untuk dibaca, namun ada beberapa materi dalam buku ini tidak sesuai dengan materi perkuliahan saya (adanya kekurangan materi).
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
tri rah astutitri rah astuti, 20 June, 2014
Rating: 4 dari 5 Bintang!
layanannya cepat
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)