Belbuk.comtoko buku onlineBuku Original021-4202857
Cara PembelianTestimoniPusat BantuanTentang KamiHubungi Kami
Buku    Bisnis & Keuangan    Keuangan

Akad dan Produk Bank Syariah

Oleh Ascarya
Berat 0.46
Tahun 2008
Halaman 292
Ukuran 13,5 x 20,5 cm
ISBN 9789797697592
Penerbit Rajawali Pers
Sinopsis       Buku Sejenis
 
Harga: Rp97.000
Tersedia:
Dikirim 2-5 hari berikutnya SETELAH pembayaran diterima. (Senin s/d Jumat, kecuali hari libur)

Pelanggan yang Membeli Buku Ini Juga Membeli Buku Berikut:

Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan (Edisi 5)
Adiwarman Azwar Karim
Rp154.000
Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah di Bank Syariah
Faturrahman Djamil
Rp68.000
Ekonomi Makro Islami (Edisi 3)
Adiwarman Azwar Karim
Rp89.000
Statistik: Teori dan Aplikasi (Jilid 2) (Edisi 7)
J. Supranto
Rp186.000
Lainnya+   

Sinopsis

Bank syariah adalah lembaga keuangan yang berbasis Syariah Islam. Secara makro bank syariah memposisikan dirinya sebagai pemain aktif dalam mendukung dan memainkan kegiatan investasi di masyarakat sekitarnya. Di satu sisi bank syariah mendorong dan mengajak masyarakat untuk ikut aktif berinvestasi melalui berbagai produknya, sedangkan di sisi lain bank syariah aktif untuk melakukan investasi di masyarakat. Selain itu, secara mikro bank syariah merupakan lembaga keuangan yang menjamin seluruh aktivitas operasinya, termasuk produk dan jasa keuangan yang ditawarkan, telah sesuai dengan prinsip Syariah.

Berbeda dengan produk dan jasa keuangan bank konvensional, produk dan jasa keuangan bank syariah tidak terlepas dari jenis akad yang digunakan. Jenis akad yang digunakan oleh suatu produk biasanya melekat pada nama produk tersebut. Sebagai contoh, tabungan mudharabah berarti produk tabungan yang menggunakan akad mudharabah, sedangkan tabungan wadi’ah berarti produk tabungan yang menggunakan akad wadi’ah. Hal ini berarti segala ketentuan mengenai akad mudharabah berlaku untuk tabungan mudharabah, sedangkan segala ketentuan mengenai akad wadi’ah berlaku untuk tabungan wadi’ah.

Karena uniknya hubungan antara akad dan produk bank syariah dan adanya perbedaan mazhab dari masing-masing negara di mana bank syariah beroperasi, buku ini sengaja membahas secara mendalam berbagai akad dan produk bank syariah yang berlaku umum di mana pun, maupun berbagai akad dan produk bank syariah yang khusus berlaku di negara-negara tertentu, seperti Sudan, Pakistan, Malaysia, dan Indonesia. Dengan demikian, kajian yang disajikan dalam buku ini sangat penting untuk dipahami oleh kalangan praktisi, akademisi, birokrat, maupun masyarakat umum yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, keuangan, dan perbankan syariah, ataupun bagi siapa saja yang ingin mendalami berbagai akad dan produk bank syariah yang dihubungkan dengan esensi dasar ekonomi dan keuangan Islam.
(Kembali Ke Atas)

Ulasan

Atman poerwokoesoemo, drsAtman poerwokoesoemo, drs, 12 May, 2011
Rating: 4 dari 5 Bintang!
Buku ini menampilkan nuansa yang berbeda dengan berbagai buku bank syariah lainnya. Buku tentang bank syariah sudah banyak, namun buku ini menampilkan keistimewaan dengan menguraikan perbandingan operasional perbankan syariah di Dunia. Dengan perbandingan ini maka pembaca akan memperoleh gambaran betapa beragamnya teknik operasional akad bank syariah di dunia. Ini merupakan sumber informasi yang berguna bagi mahasiswa, pengajar bahkan praktisi khususnya yang berkompeten dalam mengembangkan produk bank syariah. Namun untuk penyempurnaan mungkin perlu juga ditampilkan landasan hukum masing - masing akad yaitu landasan Al Qur'an dan Al hadits sehingga memperkaya pemahaman praktisi.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
MarianaMariana, 28 June, 2010
Rating: 5 dari 5 Bintang!
buku ini sangat menguntungkan bagi setiap orang terutama mahasiswa di bagian perbankan karena menjelaskan secara mendetil tentang perbankan syariah.
1 dari 1 orang menilai cukup membantu
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
MarianaMariana, 28 June, 2010
Rating: 5 dari 5 Bintang!
buku ini sangat menguntungkan bagi setiap orang terutama mahasiswa di bagian perbankan karena menjelaskan secara mendetil tentang perbankan syariah.
Apakah ulasan ini membantu?
Ya
 
Tidak
(Kembali Ke Atas)
(Kembali Ke Atas)