Setelah Anda menguasai dasar penggambaran AutoCAD, maka tahap selanjutnya yang harus Anda kuasai adalah penggambaran tingkat lanjut. Penggambaran tingkat lanjut identik dengan 3 Dimensi. Perbedaan mendasar antara penggambaran 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D) adalah bidang kerja 3D lebih banyak.
Apabila dalam 2D hanya dua ruas sumbu yang diperhatikan, yaitu sumbu X dan sumbu Y, sedangkan dalam 3D ada tambahan sumbu Z. Oleh sebab itu penggambaran 3D lebih rumpit dibandingkan 2D. Buku ini membahas cara penggambaran 3D dalam AutoCAD 2012. Anda akan belajar AutoCAD 2012 3D dari dasar hingga Anda dapat membuat objek 3D yang cukup rumit.
Buku ini juga membahas beberapa fitur baru AutoCAD 2012 untuk penggmbaran 3D. Buku ini cocok bagi Anda yang ingin belajar dari dasar AutoCAD 3D hingga mampu membuat sendiri proyek 3D Anda.Buku ini dilengkapi dengan video tutorial sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
JAM 1 : MEMULAI AUTOCAD 3D • Mengenal AutoCAD 3D - 2 • Workspace 3D AutoCAD 2012 - 2 • Perintah DDVPOINT dan PLAN - 4 • Koordinat 3D - 6 • Perintah BOX, CYLINDER, dan SPHERE - 8 • Perintah POLYSOLID - 12 • Perintah WEDGE, CONE, PYRAMID, dan TORUS - 14 • Perintah EXTRUDE - 18 • Latihan Jam Pertama - 20 • Soal Jam Pertama - 25
JAM 2 : SOLID MODELING • Mengenal Solid Modeling - 27 • Perintah ISOLINES dan FACETRES - 27 • Perintah REVOLVE - 29 • Perintah SWEEP - 31 • Perintah LOFT - 33 • Perintah FILLET dan CHAMFER - 38 • Perintah SUBTRACT dan UNION - 41 • Perintah IMPRINT - 46 • Perintah PRESSPULL - 49 • Latihan Jam Kedua - 50 • Soal Jam Kedua - 57
JAM 3 : TRANSFORMASI 3 DIMENSI • Filter XYZ - 59 • Konsep WCS dan UCS - 60 • Perintah UCS - 62 • Dynamic UCS - 66 • Manipulasi UCS langsung - 69 • Perintah ROTATE3D - 71 • Perintah MIRROR3D - 74 • Latihan Jam Ketiga - 77 • Soal Jam Ketiga - 85
JAM 4 : MODUS TAMPILAN • Perintah VPORTS - 87 • Perintah VIEW - 88 • Perintah VSCURRENT - 90 • Perintah 3DORBIT - 92 • Menggunakan View Cube - 95 • Menggunakan Navigation Wheel - 97 • Perintah CAMERA - 98 • Latihan Jam Keempat - 100 • Soal Jam Keempat - 116
JAM 5 : GAMBAR REALISTIK • Aplikasi Material Standar - 118 • Perintah MATERIALMAP - 120 • Membuat Material Sendiri - 122 • Rendering - 126 • Membuat Cahaya Point - 128 • Membuat Cahaya Spot - 131 • Membuat Cahaya Matahari - 133 • Latihan Jam Kelima - 136 • Soal Jam Kelima - 151
JAM 6 : PAPER SPACE • Mengenal Paper Space - 153 • Mengaktifkan Paper Space - 153 • Menambah dan Menghapus Layout - 155 • Perintah MVIEW - 157 • Perintah MSPACE dan PSPACE - 160 • Perintah VPCLIP - 161 • Perintah VIEWBASE - 162 • Latihan Jam Keenam - 166 • Soal Jam Keenam - 176
JAM 7 : EKSPOR KE 3DS MAX • Mengenal 3ds max - 178 • Menyiapkan File AutoCAD - 178 • Mengekspor File AutoCAD ke 3ds max - 181 • Memberi Material dalam 3ds max - 184 • Memberi Kamera - 189 • Memberi Cahaya - 191 • Soal Jam Ketujuh - 194